CiriCara: Cara Keramas Yang Benar

by
March 12th, 2012 at 4:02 am

Mencuci rambut atau keramas tentu menjadi hal yang biasa bagi Anda. Karena hanya dengan cara ini rambut bisa menjadi lebih bersih, kuat dan sehat. Meski terlihat mudah, sebenarnya mencuci rambut atau keramas ini harus dilakukan dengan benar agar rambut tidak menjadi rontok.

Mencuci rambut memang terlihat mudah, tapi perlu Anda tahu mencuci rambut juga harus dilakukan dengan cara yang benar. Jangan sampai rambut Anda menjadi rontok hanya karena cara keramas yang salah.

Berikut ada beberapa cara keramas yang benar yang bisa Anda ikuti. Perhatikan baik-baik dan pratekkan sendiri cara ini.

1. Basahi rambut.
Sebelum menggunakan shampo, pastikan rambut Anda sudah basah semua. Hal ini membuat bahan kimia yang ada pada shampo tidak langsung terserap oleh rambut.

2. Ambil shampo secukupnya.
Dalam menggunakan shampo juga ada takarannya, tidak sembarangan. Gunakanlah shampo secukupnya saja, maksimal 6 ml. Ini berfungsi agar rambut tidak menjadi kering setelah dikeramas.

3.Pijatan.
Oleskan shampo pada rambut sambil memberi pijatan secara lembut dengan jari Anda. Fungsinya tidak hanya menghilangkan kotoran dan minyak di kulit kepala, juga dapat melancarkan peredaran darah pada kulit kepala yang dapat merangsang pertumbuhan rambut.

4. Bilas sampai bersih.
Bilas shampo di rambut sampai bersih agar kandungan kimia tidak menempel pada rambut. Sebaiknya bilas dengan air yang mengalir.

5. Shampo dua kali untuk rambut yang masih kotor.
Jika rambut Anda sangat kotor, kembali terapkan shampo, namun dengan takaran shampo yang lebih sedikit. Ciri rambut masih kotor adalah, saat memberikan shampo pertama kali tidak terlalu berbusa maka rambut Anda sangat berminyak dan kotor.

6. Cara pakai kondisioner.
Terapkan kondisioner hanya pada ujung rambut saja dan diamkan tiga sampai lima menit, lalu bilas rambut.

7. Setelah keramas selesai.
Setelah bersih, biarkan kelebihan air pada rambut, jangan memutar rambut atau memelintirnya karena rambut akan rontok. Ambil handuk, lalu tekan-tekan rambut pada handuk. Jangan menggosoknya, karena gesekan akan membuat rambut rontok.

8. Jangan langsung disisir.
Hindari menyisir rambut saat rambut sedang basah, karena pada saat itu, rambut masih sangat rapuh. Jika setengah kering, sisir rambut dengan sisir bergigi jarang, untuk menghindari kerontokan.

9. Cara mengeringkan rambut.
Hindari mengeringkan rambut dengan alat pengering rambut (hairdryer). Keringkan rambut secara alami alias dengan angin.

Apakah cara yang Anda gunakan untuk keramas selama ini sudah benar? :)

Comment di sini