CiriCara: Cara Mengobati Batuk Dengan Bahan Alami

by
March 12th, 2012 at 9:55 am

Ketika cuaca sedang tidak stabil dan sedang musim hujan seperti ini, banyak orang yang rentan terkena batuk. Meski batuk merupakan jenis penyakit yang ringan, tapi batuk sangat meresahkan. Jika dibiarkan atau tidak ditangani secara tepat proses penyembuhan batuk bisa sangat lama.

Minum obat biasanya menjadi cara yang paling sering digunakan untuk menyembuhkan atau meredakan batuk. Namun, bagi Anda yang tidak suka meminum obat, tenang masih ada kok cara lainnya. Dijamin Anda tidak perlu minum obat agar bisa sembuh dari batuk.

Berikut ada beberapa cara mengobati batuk dengan bahan alami. Simak baik-baik yah!

1. Madu dan Lemon.
Campuran madu serta lemon sudah dipercaya dari turun-temurun untuk menyembuhkan batuk. Caranya, campur 1 sendok teh madu dan 1-2 sendok teh sari lemon ke dalam segelas air hangat. Minum sehari minimal satu kali sampai batuk benar-benar hilang.

2. Teh Jahe.
Teh memang dikenal sebagai salah satu obat herbal di Asia. Teh juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi batuk. Caranya, sediakan 2-3 irisan jahe yang telah dicuci bersih, seduh dalam teh hangat. Teh bermanfaat untuk melancarkan darah dan jahe menghangatkan tubuh dan tenggorokan. Baik diminum dua hingga tiga kali sehari.

3. Kunyit.
Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengobati batuk adalah kunyit. Caranya, tambahkan ½ sendok teh kunyit yang telah ditumbuk dan madu ke dalam satu gelas susu hangat. Minum dua kali sehari.

4. Madu dan Lada Putih.
Dua bahan tersebut dipercaya bisa menyembuhkan batuk. Coba minum satu sendok teh madu yang ditambah sedikit taburan lada putih 2-3 kali sehari. Meski rasanya agak aneh, ramuan ini dipercaya bisa menyembuhkan batuk.

5. Kemangi.
Daun beraroma khas ini dapat mengatasi beberapa penyakit, termasuk batuk. Caranya, sediakan 1-2 gelas air putih, 2-3 daun kemangi, dan rebus menjadi satu. Minum secara rutin ramuan hangat ini supaya batuk lekas hilang.

Itulah lima bahan alami yang bisa digunakan untuk menjadi obat batuk yang alami. Kini Anda tidak perlu minum obat dari dokter lagi karena sudah ada obat alaminya. ;)

Comment di sini