CiriCara: Ciri-ciri Gejala Kanker Payudara

by
March 12th, 2012 at 3:12 am

Hampir semua wanita Indonesia rawan terkena penyakit kanker payudara. Penyakit yang disebabkan oleh berkembangnya sel kanker di daerah payudara ini harus diwaspadai. Karenanya pencegahan yang dilakukan diwaktu yang tepat sangat diperlukan.

Penyakit kanker payudara merupakan jenis penyakit kanker dengan jumlah penderita terbanyak nomor dua di dunia. Sedangkan dari tingkat kematian, penyakit ini menempati posisi kelima penyakit yang mematikan di dunia.

Pencegahan dan penanganan yang tepat pada waktunya akan bisa mengurangi resiko kanker payudara terjadi semakin parah. Karenanya kenali dulu gejala-gejala awal munculnya penyakit payudara berikut ini, agar tidak terlambat melakukan penanganan.

1. Muncul Benjolan.
Biasanya benjolan ini mempunyai ukuran awal yang kecil. Tapi lama-lama benjolan ini membesar dan menempel pada kulit serta menimbulkan perubahan warna pada puting atau payudara. Segeralah periksakan diri ke dokter agar tahu benjolan apa yang muncul. ;)

2. Kerusakan pada daerah puting.
Kulit puting akan tertarik ke dalam (retraksi), berubah warna menjadi pink atau kecoklatakan sampai menjadi oedema yang menyebabkan menjadi seperi kulit jeruk. Dalam tahap lama gejala ini akan semakin parah dengan mengkerutnya puting dan menjadi borok. Borok akan membesar dan merusak payudara. Busuk dan berdarah.

Ciri-ciri lainnya adalah terjadi pendarahan pada puting. Salah satu puting terlepas atau hilang. Rasa sakit akan terasa jika kanker sudah membesar dan timbul borok. Kemudian timbul pembesaran pada ketiak yaitu kelenjar getah bening, dan terjadi pembekakan pada lengan.

3. Gejala lain.
Payudara akan terasa sakit, dan nyeri yang muncul dan hilang dengan cepat. Kulit payudara terasa seperti terbakar. Payudara tiba-tiba mengeluarkan darah atau cairan yang lain, padahal Anda tidak sedang menyusui. Jika sudah parah, kanker payudara bisa mengakibatkan pembusukan pada daerah payudara Anda.

Tanda kanker payudara yang paling mudah diketahui adalah munculnya borok. Jika borok ini dibiarkan, maka akan semakin membesar dan merusak payudara Anda.

Segeralah periksa ke dokter saat tanda-tanda atau gejala seperti di atas muncul pada Anda. Ingat! penanganan yang tepat bisa mengurangi resiko penyakit kanker payudara menyebar luas. ;)

Comment di sini