CiriCara: Cara Cegah Peredaran Narkoba Pada Anak

by
March 13th, 2012 at 4:24 am

Belakangan ini heboh kasus penangkapan Raka Widyarma, anak angkat Wakil Gubernur Banten, Rano Karno karena kedapatan memesan ekstasi secara online dari Malayasia. Tentunya ini menjadi pertanda kalau penyebaran narkoba di Indonesia masih terjadi. Tentu Anda sebagai orangtua harus ekstra waspada agar anak Anda tidak menjadi korban berikutnya.

Penggunaan narkoba mulai memprihatinkan dimana si pemakai kini adalah anak muda, yang umumnya memiliki sifat coba-coba. Karenanya Anda harus waspada, jangan sampai anak Anda menjadi korban berikutnya.

Untuk itu, sebagai orangtua hendaknya kita melakukan upaya pencegahan agar hal itu tidak terjadi. Berikut ada beberapa cara cegah peredaran narkoba pada anak. Simak baik-baik yah!

1. Pengawasan ketat.
Pengawasan terhadap anak yang ketat akan membuat anak menjadi disiplin. Anda juga bisa dengan leluasa mengamati apa saja yang dilakukan anak mulai dari berangkat sekolah hingga pulang sekolah. Bila perlu tanyakan pada anak Anda, aktivitas apa yang dia lakukan setiap harinya. Jika ada yang mencurigagakan segera sediliki dan cari tahu penyebabnya. ;)

2. Pendidikan.
Beri anak pendidikan mengenai bahaya mengkonsumsi narkoba. Beri dia pengetahuan mengenai bahaya narkoba mulai dari bahaya kesehatan dan ancaman penjara jika dia mengkonsumsi narkoba. Dengan begini dia akan mengerti dan tidak berani untuk mencoba mengkonsumsi barang haram tersebut. :)

3. Komunikasi.
Banyak anak yang merasa depresi baik karena pelajaran, kenakalan temannya atau perlakuan orangtua yang akhirnya membuat anak mengkonsumsi narkoba. Nah, agar hal ini tidak terjadi teruslah jaga komunikasi Anda dan anak dengan baik. Agar anak tidak segan untuk bercerita kepada Anda saat ada masalah. Jika Anda sudah menjadi sosok orangtua yang bersahabat baginya, maka dia tidak akan mengalihkan kekesalannya pada hal lain seperti narkoba. Jadi, jaga terus komunikasi Anda dan anak. ;)

4. Awasi pergaulannya.
Anda bisa melarang anak Anda untuk bergaul dengan teman yang tidak baik. Cari tahu dengan siapa anak Anda bergaul dan dimana biasanya mereka berkumpul. Jika dirasa pergaulan itu tidak baik untuknya, segeralah melarangnya. Ingat pergaulan yang salah bisa membentuk karakter anak tidak baik dan menjerumuskannya pada hal yang negatif seperti narkoba. Jadi, terus awasi pergaulan anak Anda dengan baik.

5. Keluarga harmonis.
Jangan sangka anak Anda tidak merasa sedih dan kesal ketika ayah dan ibunya bertengkar. Anak juga bisa menjadi stres karena terlalu sering mendengar pertengkaran kedua orangtuanya. Bukan tidak mungkin dia akan melampiaskan kekesalannya itu dengan mengkonsumsi narkoba. Jadi, buatlah keluarga Anda menjadi keluarga yang harmonis. Jika ingin bertengkar sebaiknya jangan sampai terdengar oleh anak Anda. ;)

Yang terpenting dari semua itu adalah perhatian, kasih sayang dan cinta orangtua pada anaknya. Dengan ketiga hal itu, dijamin anak Anda akan terhindar dari narkoba, karena dia sudah mendapatkan kebahagiaan sendiri di dalam keluarganya! :)

Comment di sini