CiriCara: Cara Membuat Udon Seafood

by
March 13th, 2012 at 8:14 am

Hobi makan mie, tapi ingin sensasi yang berbeda saat memakannya? Coba saja udon, mie khas dari Jepang. Ditambah dengan perpaduan udang besar yang segar dari laut pasti rasa mie yang satu ini akan jadi lebih enak. Apakah kamu tertarik untuk menikmati kelezatan Udon Seafood ini?

Mie ini dikemas dengan campuran beberapa bahan, diantaranya sayuran dan jamur. Perpaduan bumbu rempahnya juga akan menjadikan Udon ini terasa gurih. Hmm… Lezat..! Penasaran dan ingin segera membuatnya, langsung saja simak cara membuatnya berikut ini:

Resep Udon Seafood
Bahan:

- 3 genggam udon kering.
- 6 siung bawang putih.
- 1 ikat daun bawang (cincang, pisahkan bagian putih dan hijau).
- 100 gram udang, kupas.
- 100 gram scallop, kupas.
- 15 buah baby corn
- 1 genggam kacang polong.
- 100 gram kubis potong tipis.
- 100 gram jamur shiitake
- ½ lonjor kekian ikan.
- 5 ekor udang besar kecambah.
- 1 sdt kecap asin.
- ½ sdt gula
- ½ sdt minyak zaitun
- garam secukupnya
- ½ sdt merica

Cara membuat:
1. Rebus udon kering sampai lentur dan tiriskan.
2. Tumis sebagian bawang putih hingga layu, kemudian masukkan udang dan scallops. Beri sedikit garam sebagai bumbu. Tambahkan air dan tutup, masak sebentar hingga scallop dan udang tidak transparan lagi. Angkat.
3. Menggunakan wajan yang sama, tumis jamur hingga lunak, sisihkan dan tiriskan air berlebih dari jamur.
4. Masih dengan wajan yang sama, tumis sisa bawang putih dan daun bawang. Masukkan kekian dan tumis selama kurang lebih 2 menit.
5. Tambahkan kecap asin dan gula, kacang polong, kubis dan baby corn. Tambahkan sedikit air, kemudian tutup wajan dan biarkan selama 3 menit atau hingga sayur lunak.
6. Masukkan udang, scallop, jamur, daun bawang yang hijau dan juga udon. Aduk-aduk agar rata dan masak sebentar hingga tercampur seluruhnya. Sajikan dengan taburan wortel di atasnya.

Udon Seafood siap untuk dihidangkan.! :)

Comment di sini