CiriCara: Cara Obati Penyakit Diare Yang Alami

by
March 13th, 2012 at 8:57 am

Hampir semua orang pernah mengalami atau bahkan sering mengalami diare. Penyakit diare bisa menyerang siapa saja baik orangtua ataupun anak-anak. Meski tidak begitu berbahaya, diare bisa mengakibatkan penderitanya mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Diare bisa jadi menandakan adanya masalah di sekitar saluran pencernaan atau dapat menjadi indikasi dari munculnya penyakit seperti iritasi usus, disentri, atau kolitis ulseratif. Diare bisa disebabkan oleh beberapa faktor, terutama faktor kebersihan makanan.

Berikut ini ada cara mengobati diare secara alami yang bisa kita lakukan. Jadi bagi kamu yang tidak suka minum obat, cara ini bisa menjadi solusinya.

1. Banyak Minum Air.
Minum banyak air yang steril bermanfaat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama diare berlangsung. Dengan minum banyak air kamu bisa terhindar dari dehidrasi serta memberikan elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang cukup. Jauhi minum beralkohol dan berkafein seperti kopi.

2. Hindari Makan Makanan Padat.
Orang yang terkena diare tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan padat. Lebih baik konsumsi makanan yang lembek seperti bubur atau sup agar bisa diolah baik oleh sistem pencernaan kita.

3. Terapi Panas.
Terapi panas bertujuan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kram perut. Diare biasanya disertai dengan rasa sakit perut. Cara menggunakan, masukan air hangat pada botol atau kantung yang tidak mudah pecah. Jika perut terasa sakit tempelkan botol atau plastik yang sudah diisi air hangat itu kebagian perut yang sakit. Ini bermanfaat untuk merilekskan otot perut yang kejang dan bisa berakibat kram perut.

4. Makan Wortel.
Wortel selain bermanfaat untuk kesehatan mata juga bisa dimanfaat untuk obat sakit diare. Caranya, siapkan 2 sampai 3 buah wortel, jadikan sebuah sup dan makan secara teratur. Obat ini sangat baik dalam menghilangkan bakteri Ecoli.

5. Minum Teh Hijau.
Minum teh hijau 3 kali sehari merupakan cara yang sangat membantu dalam mengurangi diare. Teh yang dicampur jahe juga bermanfaat dalam mengurangi rasa sakit pada prut atau kram perut yang berlangsung selama diare.

Perlu diperhatikan, jika diare berlangsung lebih dari seminggu atau terus berulang, jika diare disertai demam tinggi dan muntah-muntah parah seperti berdarah, dan jika timbul tanda-tanda dehidrasi sperti kulit kering, bibir atau mulut kering, dan kegagalan untuk buang air kecil selama 8 jam, segeralah hubungi dokter.

Comment di sini