CiriCara: Cara Atasi Masalah Keuangan Setelah Harga BBM Naik

by
March 14th, 2012 at 9:52 am

Harga bahan bakar minyak (BBM) sudah dipastikan akan naik di tahun 2012 ini. Tentunya ini juga akan mempengaruhi sejumlah harga pangan lainnya. Sejumlah pasangan suami istri terpaksa harus melakukan beberapa strategi khusus agar keuangan mereka tetap bisa mencukupi kebutuhan keluarganya.

Kenaikan BBM yang akan terjadi pada awal April ini menjadi sebuah tekanan luar biasa bagi banyak orang, khususnya pada keluarga yang memiliki gaji terbatas namun kebutuhan tinggi. Beban pun semakin berat dipikul bagi mereka. Apa yang sebaiknya dilakukan?

Tapi tenang, Anda masih bisa kok memenuhi kebutuhan meski harga BBM naik. Mau tahu caranya? Berikut beberapa cara atasi masalah keuangan keluarga setelah harga BBM naik:

1. Hidup hemat.
Agar tidak pusing saat BBM naik, lebih baik mulai sekarang atur lagi pengeluaran Anda. Caranya, Anda bisa mengurangi jatah kosmetik Anda atau istri Anda dan kurangi jatah jajan anak. Ini akan membantu Anda mengurangi pengeluaran uang setiap bulannya. Percayalah meski tanpa kosmetik Anda atau istri Anda akan tetap terlihat cantik kok.! ;)

2. Cari uang tambahan.
Jika cara hidup hemat Anda tidak berhasil mengatasi masalah kenaikan harga BBM ini, lebih baik segera cari cara untuk mendapatkan uang tambahan. Entah itu dengan berjualan makanan, kerja part time atau yang lainnya. Jika Anda hanya mengandalkan uang gaji, ini hanya akan membuat keuangan keluarga semakin krisis. Sebelum bangkrut, cepatlah cari kerja lain untuk mendapatkan uang tambahan! :)

3. Jangan makan di luar.
Membeli makanan di luar jauh lebih mahal dari pada membuat makanan sendiri, apalagi jika harga BBM sudah naik pasti harga makanan di restoran atau warteg akan naik. Jadi solusinya adalah jangan makan di luar, selama Anda bisa membuatnya sendiri lebih baik buat sendiri saja agar pengeluaran bisa semakin hemat. ;)

4. Gunakan kendaraan yang irit BBM.
Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, lebih baik gunakan kendaraan yang irit BBM. Ini akan bermanfaat untuk menghemat anggaran keluarga. Jika jarak tempat kerja Anda dekat dari rumah, Anda bisa berangkat kerja menggunakan sepeda. Selain menyehatkan, dijamin Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk ongkos. ;)

5. Bersabar.
Jika semua cara di atas tidak berhasil, maka Anda harus bersabar. Jangan mudah emosi saat mengalami krisis uang. Cobalah untuk tetap tenang dan cari cara lain agar keuangan keluarga bisa bangkit kembali. Misalnya, dengan meminjam uang untuk modal usaha atau investasi yang sudah pasti menguntungkan. ;)

Meski sudah banyak yang menentang, nampaknya keputusan pemerintah untuk menaikan harga BBM sudah bulat. Jadi, kita sebagai rakyat harus pandai-pandai mengatur keuangan. Jangan sampai harga BBM ini membuat Anda bangkrut. Carilah solusi dengan segera agar keuangan keluarga Anda tetap aman! ;)

Comment di sini