CiriCara: Cara Mencegah Terkena Penyakit Kanker

by
March 14th, 2012 at 8:34 am

Penyakit kanker telah menjadi penyebab kematian terbesar di seluruh dunia. Kita harus waspada dengan penyakit yang satu ini. Apalagi gejala penyakit kanker tidak akan terlihat sebelum penyakit itu menjadi parah. Jadi pencegahan kanker sejak dini sangat penting.

Penderita kanker kebanyakan adalah merupakan orang yang memiliki riwayat keluarga pengidap kanker. Meskipun Anda tidak memiliki riwayat penyakit berbahaya tersebut, namun tidak ada salahnya Anda tetap melakukan pencegahan mulai dari sekarang.

Berikut cara mencegah terkena penyakit kanker:

1. Menjaga berat badan seimbang.
Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko orang terkena kanker usus besar, kanker hati, kanker pankreas, kanker esophagus (kanker kerongkongan), kanker endometrium (kanker di luar jaringan rahim), dan kanker payudara pasca-menopause. Berdasarkan, BMI atau Body Mass Index, orang yang memiliki berat badan seimbang adalah orang yang memiliki BMI 18,5 – 24,9.

Cara perhitungannya berdasarkan berat badan dan tinggi badan. Misal, BB = 55 kg dan TB = 165 cm, maka BMI = (55) / (1.65) * (1,65) = 20,2. Itu artinya normal.

2. Jalan kaki 10 menit setiap hari.
Berjalan kaki selama 10 menit sehari bisa menurunkan risiko terserang kanker payudara. Dalam studi di University of California tersebut dinyatakan, wanita yang melakukan 45-60 menit olahraga seperti jalan cepat atau bersepeda selama setidaknya lima kali dalam seminggu dapat meningkatkan perlindungan tubuh terhadap kanker payudara atau kanker usus besar. Bagaimana, tertarik untuk mencoba? :D

3. Konsumsi buah dan sayuran.
Konsumsi buah dan sayur tidak hanya membuat berat Anda menjadi ideal, tapi juga dapat menurunkan risiko kanker. Anda akan terhindar dari berbagai penyakit kanker diantaranya penyakit kanker paru-paru, mulut, kerongkongan, lambung, dan kanker usus besar.

4. Jangan merokok dan hindari asap rokok.
Rokok adalah penyebab timbulnya penyakit kanker, begitu pula jika menghirup asapnya. Jadi, janganlah merokok dan hindari orang yang sedang merokok agar Anda bisa terhindar dari risiko kanker. Penyakit kanker yang diakibatkan rokok diantaranya, kanker mulut, kandung kemih, dan kanker ginjal.

5. Hindari alkohol.
Alkohol dapat meningkatkan risiko Anda terserang kanker mulut, kanker rongga mulut, kerongkongan, hati dan kanker payudara. Meski meminumnya sedikit, namun dapat berdampak besar pada kesehatan tubuh. Jadi, hindarilah minuman alkohol jenis apapun agar terbebas dari kanker. Ok.! ;)

Comment di sini