CiriCara: Cara Buat Rumah Jadi Nyaman

by
March 15th, 2012 at 7:03 am

Banyak orang bilang “rumahku adalah istanaku,” apakah itu benar? Istilah itu digunakan untuk menggambarkan rumah yang nyaman untuk dihuni. Tapi, apa jadinya jika rumah yang saat ini kita huni ternyata tidak nyaman. Bisakah rumah kita disebut sebagai “istana?”

Rumah adalah tempat untuk beristirahat dan berteduh dari air hujan dan panasnya sinar matahari. Jadi, bersyukurlah kita yang sudah punya rumah walau tak semewah hotel bintang lima. Yang terpenting adalah rumah kita bisa membuat kita merasa nyaman dan senang.

Nah bagi Anda yang belum bisa menciptakan kenyamanan di dalam rumah, mungkin cara ini bisa membantu. Yuk! Simak cara membuat rumah jadi nyaman berikut ini:

1. Jaga kebersihan.
Kita akan merasa nyaman, damai dan tenang saat beristirahat di rumah jika kondisinya sudah bersih. Kamar tidur, meja makan, ruang nonton televisi dan ruang tamu yang bersih akan membuat orang yang menghuninya menjadi sehat. Jadi, jangan lupa bersihkan rumah Anda setiap hari yah! ;)

2. Pilih warna yang cerah.
Pilihlah warna yang cerah dan tidak mengganggu pandangan mata Anda dan keluarga. Misal cat tembok bisa diwarnai dengan warna biru, hijau atau putih. Warna itu sangat baik untuk membuat kondisi ruangan Anda terasa terang meski sudah malam. Warna-warna tersebut juga sangat bersahabat dengan mata. Dijamin Anda akan merasa nyaman selama ada di rumah.

3. Taruh tanaman di balkon atau teras rumah.
Tumbuhan hijau merupakan elemen yang cukup efektif untuk mengurangi hawa panas di dalam rumah. Tumbuhan hijau akan mengeluarkan oksigen yang baik untuk Anda dan menghisap karbondioksida yang Anda buang. Daripada menggunakan kesegaran dari AC, lebih baik dapatkan kesegaran yang alami dari tumbuhan. Anda bisa meletakannya di teras, beranda, teras belakang dan sudut-sudut ruangan dalam rumah. Mantapss..! ;)

4. Biarkan cahaya matahari masuk.
Cobalah untuk membuat jendela yang bisa memberikan celah sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Selain bisa membunuh kuman penyakit dan nyamuk, sinar matahari ini juga bisa menghemat penggunaan listrik Anda.

5. Tata ruang.
Tatalah barang-barang di rumah Anda dengan baik. Simpanlah barang yang tidak digunakan di gudang agar tidak mengganggu dan membuat sempit ruangan di rumah Anda. Tata ruang yang rapi akan menciptakan kesan rumah menjadi besar dan suasana yang nyaman di rumah. :D

Rumah yang nyaman itu tidak harus besar dan mewah. Asalkan Anda bisa mengaturnya dengan baik, meskipun kecil pasti akan terasa bagai istana yang megah. Jika sudah merasa nyaman, Anda dan keluarga bisa bermain di rumah dengan gembira. ;)

Comment di sini