CiriCara: Cara Menyembuhkan Gejala Insomnia

by
March 15th, 2012 at 6:41 am

Tentunya hampir semua orang tahu apa itu insomnia. Insomnia merupakan gejala kesulitan untuk bisa tidur baik siang maupun malam hari. Insomnia bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab di antaranya dari faktor orang itu sendiri yang mempunyai pola tidur dan pola hidup yang tidak sehat seperti tidur tidak teratur, sering begadang, dan sering mengkonsumsi kopi, rokok, dan sesuatu yang mengandung kafein.

Insomnia tentu sangat mengganggu kegiatan sehari-hari para penderitanya. Untuk mengatasinya simak tips menanggulangi insomnia berikut ini:

1. Rajin olahraga
Apabila kita sering melakukan olahraga secara teratur, maka otomatis badan kita menjadi sehat dan bugar sehingga jauh dari berbagai macam penyakit, dan tidak mudah stress. Menurut penelitian, olahraga secara teratur dapat membantu mengurangi masalah orang yang susah tidur.

2. Makan dan minum secukupnya sebelum tidur
Makan terlalu banyak atau terlalu kenyang membuat perut tidak nyaman begitupun dengan minum terlalu banyak dapat menyebabkan kita sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. Tidak mau masalah seperti ini mengganggu pada saat kita asik tidur pulas, lebih baik makan paling tidak 3 jam sebelum tidur.

3. Lingkungan yang nyaman
Tidur dengan lingkungan yang nyaman membuat kita nyaman pula untuk tidur. Sebaiknya saat tidur matikan lampu, jauhkan barang-barang yang mengeluarkan suara seperti handphone dan bila tidak diperlukan bisa matikan peralatan-peralatan yang dapat menganggu pada saat tidur.

4. Mengatur pola makan dan minum
Seperti yang dikatakan pada cara nomor dua, makan secukupnya dapat diimbangi dengan makan makanan ringan yang mengandung karbohidrat atau alternatif lain seperti meminum segelas susu hangat menjelang tidur. Sebelum jam tidur, sangat tidak disarankan untuk meminum minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda terus terjaga seperti kopi, teh, dan minuman mengandung alkohol.

5. Mandi atau berendam dengan air hangat
Mandi atau berendam dengan air hangat kurang lebih selama 30 menit hingga satu jam sebelum tidur akan menimbulkan efek sedasi yang membuat kita mengantuk. Dan tentu berendam air hangat dapat mengurangi ketegangan tubuh sehabis melakukan aktivitas seharian.

6. Melakukan aktivitas relaksasi
Melakukan aktivitas relaksasi secara rutin seperti mendengarkan lagu, melakukan meditasi atau yoga, atau pergi ke tempat spa dapat membantu tubuh menjadi rileks sehingga dapat memudahkan kita untuk tidur.

7. Bangun dan tidur teratur
Usahakan bangun dan tidur teratur setiap harinya, agar badan tetap sehat dan bugar dalam melakukan aktivitas. Dan tentunya bebas dari insomnia.

Nah, cara tersebut di atas semoga bermanfaat dan dapat mengurangi insomnia Anda :)

Comment di sini