CiriCara: Cara Obati Sakit Gigi Dengan Bahan Alami

by
March 15th, 2012 at 6:15 am

Sakit gigi akan menyerang mereka yang jarang sekali atau tidak pernah menggosok gigi. Masalah sakit gigi sebagian besar memang dialami oleh anak-anak. Namun, sakit gigi juga bisa saja menyerang orang dewasa.

Sakit gigi memang bisa diatasi dengan berbagai cara seperti mengkonsumsi obat atau periksa ke dokter. Tapi, apa jadinya jika Anda tidak suka minum obat atau tidak sempat pergi ke dokter? Ya, tentunya ini akan sedikit merepotkan.

Tapi tidak perlu pusing, Anda masih tetap bisa kok mengobati sakit gigi dengan cara lainnya. Berikut ada beberapa cara mengobati sakit gigi dengan bahan alami. Chek it out.! ;)

1. Pijat es balok.
Es balok selain bisa digunakan untuk membuat minuman dingin juga bisa membantu meringankan sakit gigi lho. Tidak percaya? Coba saja sendiri. Caranya, ambil sepotong kecil es dan letakkan di antara jari telunjuk dan ibu jari. Pijat perlahan di bagian gigi yang sakit tersebut, nah setelah itu pasti rasa sakit Anda akan mulai hilang. ;)

2. Bawang putih.
Bawang putih juga bisa digunakan untuk obat sakit gigi lho. Caranya, potong halus si bawang putih (1 siung bawang putih), kemudian taburkan sedikti garam. Kunyah di daerah yang sakit dan tak lama kemudian rasa sakit di gigi Anda akan menghilang. Anda juga bisa menggunakannya sebagai terapi untuk memperkuat struktur tulang gigi Anda.

3. Bawang merah.
Seakan tidak mau kalah dengan bawang putih, bawang merah juga mampu meringankan rasa sakit gigi Anda. Selain itu kandungan enzim dalam bawang merah dapat membantu membunuh kuman-kuman jahat di dalam mulut. Caranya sama seperti bawang putih. ;)

4. Jeruk nipis.
Jeruk yang mungil ini memang punya banyak manfaat. Jeruk nipis ini bisa digunakan untuk meringankan sakit gigi. Caranya, peras sari jeruk nipis, pulaskan pada bagian gigi yang sakit sesendok demi sesendok setiap 10 menit sampai sari jeruk tersebut habis. Selain kaya akan vitamin C, sari jeruk tersebut juga berfungsi sebagai pereda sakit gigi Anda.

5. Garam.
Tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi garam secara langsung, bukan karena efek samping, namun rasanya tentu sangat asin bukan? Namun di balik rasa asin ini, kandungan yodium yang tinggi juga meringankan ngilu gigi.

Caranya, taburkan garam dalam segelas air mineral hangat. Aduk kemudian gunakan sebagai sarana mouthwash (obat kumur). Berkumurlah setidaknya sampai Anda merasa cukup nyaman dan tak terlalu tersiksa oleh rasa sakit gigi.

Resep-resep jitu tersebut memang sederhana, namun jangan pernah meremehkan khasiatnya ya. Sudah terbukti ampuh sejak zaman nenek moyang kita. :)

Comment di sini