CiriCara: Cara Pakai Tas Agar Tetap Sehat

by
March 16th, 2012 at 4:10 am

Belakangan beberapa peneliti menemukan sebuah penemuan bahwa tas samping yang sering dipakai bisa memicu berbagai keluhan kesehatan. Ukuran tas dan cara memakai tas yang salah bisa mengganggu kesehatan pundak. Jadi segeralah perbaiki cara Anda menggunakan tas samping mulai dari sekarang.

Kebanyakan orang tidak menyadari bahaya kesehatan akibat terlalu sering menggunakan tas samping. Apalagi jika membawa tas yang isinya berat, kesehatan pundak pasti akan terganggu. Mulai dari rasa pegal, nyeri dan postur tubuh yang tidak imbang bisa terjadi karenanya.

Nah agar hal itu tidak terjadi pada Anda, berikut beberapa cara pakai tas agar tetap sehat:

1. Kurangi isi tas.
Jika memang aktivitas Anda memaksa untuk selalu menggunakan tas, Anda bisa mengurangi isi tas Anda. Caranya, selalu periksa ulang isi tas dan singkirkan barang-barang yang benar-benar tidak perlu dibawa. Timbanglah diri Anda saat membawa tas, jangan membawa tas yang beratnya lebih dari 1,25 kg.

2. Istirahat.
Jangan terlalu lama menggendong tas Anda yang berat. Usahakanlah untuk mengistirahatkan bahu Anda selama 1 jam sekali. Lakukan peregangan leher dan bahu agar tidak terasa pegal dan tubuh kembali bugar. Anda juga bisa memijat atau remas pundak dengan posisi dagu sedikit terangkat. Lakukan cara ini hingga rasa pegal Anda hilang. ;)

3. Kenakan tas dekat pada tubuh.
Saat ditanya bagaimana cara terbaik untuk membawa tas, maka jawabnya adalah dengan menjaga posisi tas itu tetap melekat dekat pada tubuh. Dekatkan kantung beban tas dekat dengan tubuh agar beban yang ada menyatu dengan beban tubuh. Oleh karena itu, sedapat mungkin carilah tas yang bisa talinya bisa melintasi tubuh saat dibawa. Namun pastikan bahwa talinya tidak terlalu panjang.

4. Ganti posisi.
Kebanyakan orang mempunyai posisi membawa tas yang selalu sama. Ada yang suka membawa dengan tangan, lengan, pundak kanan atau kiri. Namun, demi keselamatan tubuh Anda, maka Anda harus selalu mengganti kebiasaan tersebut. Tujuannya agar beban bisa seimbang antara pundak kanan dan kiri. Ini bermanfaat untuk mencegah tubuh jadi miring.

5. Beralih ke tas punggung.
Jika Anda merasa terlalu repot melakukan beberapa cara di atas, lebih baik beralih saja ke tas punggung. Tas punggung akan memberikan beban secara merata pada kedua pundak Anda. Ini bisa mencegah kedua pundak menjadi tidak seimbang atau miring.

Nah kalo kamu mau memilih yang mana? Ingat, ini semua demi kesehatan tubuh kamu lho..! ;)

Comment di sini