Hati-hati Nasi Putih Ternyata Berbahaya

by
March 16th, 2012 at 7:58 am

Seberapa banyak tiap harinya Anda mengkonsumsi nasi putih? Jika sudah dirasa terlalu banyak, mungkin mulai sekarang Anda harus menguranginya. Karena menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi nasih putih bisa berakibat terserang diabetes. Benarkah?

Penelitian terbaru menunjukkan makan nasi putih bisa meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2. Apalagi jika mengkonsumsi nasi putih berlebih, itu artinya resiko terkena diabetes tipe 2 bisa meningkat.

Terlihat dari hasil empat penelitian yang melibatkan sekitar 350.000 orang. Dimana hasil penelitian menunjukan, semakin banyak makan nasi putih, maka semakin tinggi kesempatan seseorang terkena penyakit diabetes.

Seperti yang dimuat di British Medical Journal, temuan ini melibatkan analisis seluruh partisipan melalui satu porsi nasi 18 gram dan faktor lain, seperti berat badan, tingkat olahraga dan diet. Selama masa penelitian (4-22 tahun), sekitar 13.200 orang terbukti lebih beresiko terkena diabetes.

Orang Asia dianggap berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2. Hal ini disebabkan orang Asia cenderung memiliki asupan jauh lebih tinggi untuk mengonsumsi nasi dibandingkan orang barat, rata-rata empat porsi sehari.

Nasi putih mengandung indeks glikemik yang tinggi dibanding nasi mereka. Kandungan tersebutlah yang bisa menyebabkan efek negatif pada kadar gula darah. Selain itu nasi putih memiliki nutrisi magnesium lebih sedikit, padahal magnesium dapat mencegah diabetes tipe 2.

Indeks glikemik merupakan ukuran seberapa cepat glukosa dilepaskan ke dalam aliran darah setelah makan. Makanan yang mengandun indeks glikemik rendah, seperti beras merah, membuat orang merasa kenyang lebih lama dan menjaga kadar gula lebih stabil.

Bagaimana, apakah kamu masih berani mengkonsumi nasi putih berlebihan? :D

Comment di sini