Kerusuhan Simpatisan FPI dan Dayak Diwarnai Suara Tembakan (Video)

by
March 16th, 2012 at 4:58 am

Sebuah kerusuhan terjadi di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (15/3/2012) kemarin. Kerusuhan dipicu akibat penyerangan kelompok yang mengatasnamakan masyarakat dayak di Kota Pontianak ke markas Front Pembela Islam (FPI).

Para aktivis atau simpatisan FPI yang berupaya menghadang niat penyerangan kelompok dayak tersebut akhirnya bentrok. Aksi saling serang kedua belah pihak tidak terhindarkan lagi. Pihak Kepolisian yang berada di sekitar lokasi langsung memutus jalan bagi warga dayak yang datang dari dalam kota untuk menuju markas FPI Pontianak.

Kedua belah pihak melakukan aksi saling serang di Jalan Veteran, Pontianak, Kalimantan Barat. Insiden ini membuat suasana di sekitar lokasi kejadian, Kamis sore terasa mencekam. Seorang warga yang rumahnya berada dekat dengan lokasi kericuhan berhasil mengabadikan kejadian itu dalam sebuah video yang di upload ke YouTube.

Dalam video yang berdurasi 3 menit 33 detik tersebut memperlihatkan kondisi yang mencekam. Warga dayak yang terprovokasi telah berhadap-hadapan dengan simpatisan FPI yang menghadang. Aksi saling serang di tengah jalanpun tidak terhindarkan. Apalagi kedua masa tersebut sudah mulai emosi.

Dalam video kericuhan yang melibatkan sejumlah simpatisan FPI dan masa dayak ini juga terdengar suara tembakan petugas. Hingga saat ini kondisi di Jalan Veteran, Pontianak, Kalimantan Barat masih lengang. Sejumlah instansi dan sekolah-sekolah yang dekat dengan lokasi terpaksa diliburkan hingga Senin.

Sejumlah petugas kepolisian masih terus menjaga dan memantau lokasi agar tidak terjadi bentrok susulan. Penyebab pasti kericuhan tersebut belum bisa diketahui. Berikut video kericuhan FPI vs dayak:

Comment di sini