CiriCara: Cara Atasi Cacar Air Pada Anak

by
March 19th, 2012 at 10:07 am

Penyakit cacar air bisa menyerang siapa saja. Namun kebanyakan penyakit yang menimbulkan bentol merah kehitaman di kulit ini menyerah anak-anak. Tapi, tidak jarang pula orang dewasa terkena penyakit yang menular ini. Mau tahu cara mengatasinya?

Cacar air biasanya menyerang anak berusia di atas 9 bulan. Penyakit ini menyerang kulit dan membentuk lesi (bintik) yang berisi cairan (serous). Jika tidak ditangani dengan baik penyakit ini bisa menular ke orang lain dan lama sembuhnya.

Berikut ada beberapa cara atasi cacar air pada anak. Lakukan cara berikut dengan benar dan tepat.

1. Beri obat penurun demam.
Cacar air bisa mengakibatkan anak mengalami demam. Turunkan demam anak dengan memberinya obat penurun demam agar suhu badanya kembali normal.

2. Mandikan anak.
Kebanyakan orang bilang anak yang sedang terkena cacar air tidak boleh mandi. Padahal hal itu tidaklah benar. Sebaiknya mandikan anak dua kali sehari. Jika perlu, mandikan 4-5 kali sehari. Hanya saja Anda perlu hati saat memandikannya terutama saat menggosok badannya. Ini mencegah agar luka cacarnya tidak tergores. Tubuh yang kotor karena tidak mandi akan mengakibatkan penyebaran kuman dan bisa mengakibatkan inveksi kulit.

3. Oleskan salep.
Setelah mandi oleskan salep antibiotik pada kulit yang terkena cacar air serta bedak cair pada kulit yang sehat. Ini bertujuan untuk menghindari penyebaran lebih parah.

4. Gunting kuku anak.
Ini bertujuan untuk mencegah terjadinya luka ketika dia menggaruk badannya karena merasa gatal. Bila perlu pakaikan sarung tangan biar lebih aman.

5. Bawa ke dokter.
Jika vesikal (bentolan) berisi nanah atau anak mengalami demam tinggi dan muntah-muntah segerlah bawa anak ke dokter.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.!

Comment di sini