Resmi! Jokowi Maju Sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta

by

Joko Widodo resmi maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta. Wali Kota Solo yang akrab disapa Jokowi tersebut diusung oleh dua partai politik yakni, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Gerindra.

Rencananya Jokowi yang gencar mengenalkan mobil Esemka pada bulan lalu akan mendaftarkan diri ke KPU DKI pada malam hari. Hal ini dilakukan agar bisa terhindar dari kemacetan Jakarta. KPU DKI berlokasi di wilayah rawab macet yaitu di Gedung Praja Gambir Jalan Budi Kemulyaan No 12 Lt 4-7 Jakarta Pusat.

“Kita tidak ingin memperparah kemacetan di Jakarta yang sekarang ini sudah sangat parah. Kasihan warga Jakarta,” kata Wakil Sekjen PDI-P Hasto Kristianto.

Hasto percaya, calon gubernur DKI di lima tahun yang akan datang bakal bisa mendaftar pada pagi hari karena kemacetan pasti sudah bisa ditanggulangi setelah Jokowi memimpin Jakarta. Menurutnya, terobosan yang akan dilakukan Jokowi akan sukses atasi kemacetan di Jakarta.

Hari ini adalah tenggat pendaftaran calon Gubernur DKI untuk periode 2012-2017. Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur bisa maju jika mendapat partai politik atau gabungan partai dengan jumlah kursi di DPRD minimal 15 kursi. Calon independen diperbolehkan masuk bursa jika mendapat dukungan 407.340 lyang dibuktikan melalui pengumpulan kartu tanda penduduk.

PDI-P yang telah memiliki 11 kursi di DPRD DKI mendapat tambahan dari kursi DPRD DKI milik Gerindra sehingga syarat untuk maju sebagai calon gubernur sudah terpenuhi.

Hingga kemarin, sudah ada tiga pasangan calon gubernur-wakil gubenur yang mendaftar ke KPU DKI Jakarta. Mereka ialah Faisal Basri-Biem Benjamin dan Hendardji Supandji-Riza Patria (keduanya calon independen), serta Alex Noerdin-Nono Sampono (diusung Golkar, PPP dan PDS).

Partai Demokrat yang memiliki 32 kursi di DPRD DKI mengusung Fauzi Bowo (Foke). Namun, siapa pendamping Sang Ahli masih teka-teki. Kabarnya pengumuman akan diberikan hari ini. “Semoga Pak Fauzi Bowo segera mendapat pasangan yang terbaik,” papar Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum.

Siapapun yang akan menjadi Gubernur DKI Jakarta nanti, tentu kita berharap itu yang terbaik. Semoga yang terpilih bisa menjadikan masa depan DKI Jakarta lebih baik lagi dari sekarang.! ;)


comments powered by Disqus

Leave a Reply