CiriCara: Cara dan Waktu Makan Buah yang Benar Menurut TCM

by
March 20th, 2012 at 4:36 am

Semua orang pasti mengenal buah dan manfaatnya. namun tidak banyak orang yang tahu bahwa memakan buah dengan cara dan saat yang salah bisa mengubah nilai manfaatnya. berikut ini adalah penjelasan cara memakan buah yang benar.

1. Di pagi hari saat sarapan

Level gula dalam darah biasanya lebih rendah dari normal pada saat kita bangun dari tidur. Buah dengan kandungan glikemiks yang rendah adalah pilihan yang paling tepat seperti apel, pir, anggur, raspberry, peach, ceri, dan blackberry. Sebaiknya makanlah sesuatu yang hangat seperti sup sebelum memakan buah.

2. Memakan buah di antara jam makan

Orang dewasa sebaiknya memakan dua porsi buah setiap hari. Saat yang paling baik untuk memakan buah ini adalah sebelum makan atau di antara jam makan khususnya antara makan malam dan makan siang karena pada jam-jam ini kadar gula darah dalam tubuh sangat rendah, sepotong buah segar bisa menyegarkan dan meningkatkan gula darah.

3. Hindari memakan buah setelah makan

Perut kita membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencerna makanan yang terdiri dari nasi, daging dan sayuran sedangkan buah sangat mudah dicerna. Buah yang kita makan akan mudah berfermentasi di dalam perut sehingga menyebabkan ketidaknyamanan bahkan sakit. Jika kamu ingin memakan buah setelah makan, beri jeda selama 2 jam.

4. Jangan memakan buah yang bersifat asam dan manis bersamaan

Karena sifat kandungan buah yang berbeda, memakan buah yang bersifat asam dan manis bersamaan hanya akan menghambat bahkan menghancurkan nilai gizi buah itu sendiri atau gangguan pencernaan.

Buah bersifat asam: jeruk peras, apel hijau, lemon, jeruk, nanas dan stroberri dan lain sebagainya.

Buah bersifat manis: pisang, srikaya, durian, buah ara, melon madu, buah longan, kesemak dan lain sebagainya.

Buah yang bersifat netral atau tidak asam: apel, aprikot, ceri, mangga, pepaya, peach, pir dan lain sebagainya.

5. Memasak buah

Memasak buah tidak sepenuhnya buruk karena tidak semua kandungan gizi dalam buah juga hancur selama proses memasak. Sebagai contoh, jika kamu memasak pai apel misalnya, kulit yang dikupas menyebabkan hilangnya serat dan proses pemanggangan membuat vitamin C berkurang namun potasium yang juga baik bagi tubuh tidak ikut hilang. Jadi pai apel juga masih mengandung nutrisi sebaik buah apel segar.

Bagaimana? Sudahkah kamu memakan buah dengan cara yang benar? Jika kamu belum memakan buah secara benar, mulai sekarang sebaiknya mulailah sekarang agar tidak mengalami masalah pencernaan dan mendapatkan manfaat buah sebesar-besarnya.