CiriCara: Cara Hadapi Kritikan Dari Bos

by
March 20th, 2012 at 3:46 am

Bekerja di suatu perusahaan tidak akan selamanya berjalan dengan lancar. Tentu ada kalanya Anda mendapatkan kritikan dari bos atau atasan. Nah saat seperti itulah yang terkadang membuat seseorang merasa kesal dan prustasi. Padahal hal itu tidaklah perlu terjadi.

Jika Anda bisa mengatasi kritikan dari bos itu dengan baik, maka Anda akan menjadi pekerja yang lebih baik. Tidak usah marah atau kesal jika kamu mendapat kritikan meskipun itu manyakitkan. Anggaplah itu adalah ujian untuk menuju kesuksesan.

Nah, agar tidak salah dalam menghadapi kritikan dari bos berikut ada caranya. Langsung saja yuk simak cara hadapi kritikan dari bos berikut ini.

1. Minta penjelasan yang lebih spesifik.
Jika atasan Anda mengatakan bahwa pekerjaan Anda tidak bagus dan salah, cobalah untuk meminta arahan darinya. Mintalah penjelasan yang lebih jelas agar Anda bisa bekerja sesuai dengan keinginan atasan atau bos Anda. Ini akan membantu Anda lebih produktif dan bekerja sesuai ketentuan.

2. Terima dengan sikap positif.
Jangan menjadi tipe orang yang sensitif dan terlalu diambil hati jika atasan sedang mengkritik Anda. Cobalah untuk bersikap positif, anggaplah kritikan itu sebagai motivasi agar Anda bisa bekerja lebih baik lagi. Jangan pernah berpikir untuk mengundurkan diri hanya karena kritikan pedas dari bos. Ingat, hidup perjuangan jadi terus perjuangkan karir Anda dengan sebaik mungkin. Ok.! :)

3. Evaluasi diri.
Saat Anda dikritik, segeralah untuk melakukan evaluasi diri. Cari tahu apakah yang salah dengan diri Anda sehingga bos mengkritik. Berpikirlah ke belakang saat bos memuji Anda, cari tahu apa yang berbeda dengan Anda pada waktu itu. Mungkin saja performa kerja Anda saat ini menurun dari sebelumnya.

4. Abaikan kritikan yang menjatuhkan.
Kadang kritikan tidak selamanya bisa bersifat membangun, tapi ada juga yang menjatuhkan. Jika Anda merasa kritikan dari atasan lebih banyak yang menjatuhkan daripada membangun, sebaiknya tidak usah dianggap terlalu serius. Ambil kritikan yang bermanfaat dan buang semua kritikan yang tidak bermutu dari atasan. ;)

5. Jangan menyalahkan orang lain.
Jangan pernah menyalahkan orang lain saat bos memberi kritikan pedas. Tunjukan rasa tanggung jawab kamu sebagai pekerja. Jangan gunakan orang lain untuk menjadi kambing hitam. Akui kesalahan adalah yang terbaik, meskipun Anda tidak merasa bersalah. ;)

Yang terpenting dari semua itu adalah semangat. Anda tidak boleh putus asa hanya karena mendapat kritikan dari bos. Tetaplah bersemangat dan percaya diri serta selesaikan pekerjaan dengan kemampuan terbaik kamu.

Ingat, jangan patah semangat! Bekerja dengan giat dan maksimal pasti akan ada buahnya. :)

Comment di sini