CiriCara: Cara Memasang Softlens Yang Benar

by
March 20th, 2012 at 3:36 am

Banyak orang awam yang tidak tahu bagaimana cara memasang softlens atau lensa kontak yang benar. Banyak juga orang tertarik  yang untuk memakainya namun takut untuk menggunakannya karena belum tahu cara pakai yang benar. 

Sebelum memikirkan untuk membeli dan memasang softlens ada baiknya untuk memperhatikan cara-cara memasang softlens di bawah ini agar tidak ragu-ragu apabila ingin memakainya. Penting untuk memeriksa softlens pada saat kita membelinya sebelum benar-benar masuk ke mata sehingga nyaman untuk dipakai.

Untuk sekarang ini, banyak sekali ditemukan berbagai model dan warna softlens mulai dari yang bening, abu-abu, cokelat, biru, hijau, dan banyak lagi  yang bisa dipakai sesuai dengan selera dan kebutuhan kita.

Simak tips di bawah ini agar bisa memasang softlens yang benar:

1. Melihat dan Memeriksa Softlens

Pastikan bahwa softlens tidak cacat atau tidak robek, jika ini terjadi Anda harus segera membuangnya. Pastikan setiap sisi benar bagian luar dan dalam. Ada cara untuk melihat sisi yang benar yaitu dengan melihatnya dari samping. Sisi dalam lensa terlihat melengkung masuk sedangkan sisi luar melengkung keluar seperti permukaan bola.

2. Mengambil Softlens

Ambillah softlens dengan jari Anda atau dengan alat bantu penjepit, ambil dari sisi samping. Posisi yang benar yaitu softlens akan meringkuk ke dalam, sedangkan posisi yang salah softlens akan menggulung ke luar melawan jari-jari anda. Tentunya mengambil softlens harus dengan tangan atau alat bantu penjepit dengan keadaan yang bersih sehingga debu atau kotoran tidak masuk ke dalam softlens.

3. Memasukkan Softlens

Masukkan softlens ke dalam mata menggunakan tangan yang menurut Anda paling nyaman dipakai bisa tangan kanan atau kiri, kemudian angkat kelopak mata dengan jari tengah Anda dan tempatkan softlens pada kornea maka akan menempel, usahakan mata tidak banyak berkedip pada saat softlens akan dimasukkan karena apabila banyak berkedip softlens akan sulit untuk masuk ke mata. Ulangi proses seperti ini pada mata di sebelahnya.

Gampang kann? Kalau kita sudah tahu teori-teori  bagaimana cara memasang softlens dengan benar tinggal dipraktikkan saja dengan mengikuti cara-cara di atas. Butuh keberanian untuk mau mencobanya ya! :)

 

Comment di sini