CiriCara: Cara Membuat Crepes Renyah

by

Crepes adalah makanan ringan yang cukup digemari oleh semua kalangan. Saat ini sepertinya banyak sekali orang-orang yang menggemari jajanan yang satu ini.

Camilan ini juga dapat dijumpai di jalanan tidak hanya di pusat-pusat perbelanjaan. Potensi pasar untuk makanan yang satu ini pun cukup luas karena harga yang terjangkau dan rasa yang beraneka ragam. Jika kamu tertarik untuk membuat camilan ini di rumah sebagai teman berkumpul bersama keluarga atau menonton TV. Ini dia resepnya:

A.      Persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. Tepung segitiga biru 100 gram
  2. Margarin 1 sendok makan
  3. Susu cair 100 ml (kamu juga bisa membuatnya dari susu bubuk tapi pastikan kandungan gulanya sangat rendah atau adonan akan cepat gosong)
  4. Air 100 ml
  5. Cokelat meses secukupnya (untuk isian)
  6. Pisang secukupnya, kupas dan potong-potong (untuk isian)
  7. Margarin untuk olesan bisa juga menggunakan minyak sayur.

B.      Cara membuat:

  1. Aduk tepung terigu, air dan susu serta margarin jadi satu sampai licin. Pastikan adonan tidak terlalu encer atau kental karena akan mempengaruhi tingkat kerenyahan. Gunakan spatula kayu atau kawat.
  2. Panaskan cetakan crepes. Biasanya berupa wajan bulat yang cukup datar. Oleskan margarin secukupnya secara merata agar adonan tidak lengket.
  3. Gunakan sendok sayur ukuran sedang untuk mengambil adonan dan putar sendok kayu di atas wajan agar adonan merata dan tipis. Jika adonan tipis dan lebar, crepes akan menjadi lebih renyah.
  4. Apabila pinggiran crepes sudah setengah kering, kamu bisa mengecilkan api kemudian mengisinya dengan isian seperti pisang, dan cokelat. Isian bisa juga kamu ganti dengan yang lain seperti sosis, tuna, sayuran dengan saus tomat atau cabai, es krim dan lain sebagainya. Lipat crepes selagi masih panas.
  5. 5.       Crepes siap disajikan.

Bahan-bahannya mudah didapat dan harganya pun terjangkau. Kamu bisa mencobanya di rumah kapan saja. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

 


comments powered by Disqus

Leave a Reply