CiriCara: Cara Memilih Babysitter Yang Tepat Untuk Anak

by
March 20th, 2012 at 8:22 am

Bagi ibu bekerja yang tinggal berjauhan dengan orangtua atau saudara, gunakan jasa babysitter untuk mengasuh anak tentu jadi pilihan satu-satunya. Tapi, tidak semua babysitter baik untuk dipilih. Meski terlihat sepele, memilih babysitter tetap tidak boleh sembarangan agar anak tetap aman.

Dengan adanya babysitter di rumah, maka Anda bisa bernafas lega. Setidaknya anak Anda di rumah sudah ada yang mengurus. Tapi, apa jadinya jika ternyata babysitter yang Anda pilih tidak bisa mengurus anak? Tentu ini akan membahayakan.

Karenanya Anda harus tahu beberapa cara atau tips memilih babysitter yang tepat untuk anak. Langsung saja yuk simak caranya berikut ini:

1. Pilih berdasarkan pengalaman.
Jangan biarkan anak Anda diasuh oleh orang yang tidak handal, karena ini bisa berakibat fatal. Cobalah untuk mencari babysitter yang benar-benar berpengalaman dalam dunia kerjanya. Minimal berpengalaman satu tahun agar kemanan anak terjamin. ;)

2. Suka dengan anak kecil.
Pilihlah babysitter yang suka dan mengerti dunia anak. Jangan pilih babysitter yang galak atau tidak mengerti dunia anak. Ini hanya akan membuat anak Anda merasa tertekan dan ketakutan karena sering dimarahi oleh babysitter-nya. Lebih baik pilih babysitter yang benar-benar suka dengan anak kecil.

3. Pilih usia cukup dewasa.
Jangan pilih babysitter terlalu muda atau terlalu tua. Cobalah untuk pilih babysitter yang sudah cukup dewasa. Tujuannya agar dia bisa menjaga anak dan menjadi teman main anak yang mengasikan. Jadi pilihlah babysitter yang cukup dewasa untuk mengerti kedua tugas tersebut.

4. Tes kemampuannya.
Jika tidak ada referensi dari keluarga atau orang terdekat Anda, lebih baik tes dulu kemampuannya sebelum memilih. Cobalah untuk memberinya tes bagaimana melakukan pertolongan pertama saat anak terluka. Jika dia memang cukup handal, Anda bisa merekrutnya. :)

5. Dapat dipercaya.
Ini adalah faktor yang paling penting. Cobalah untuk mencari babysitter yang memang dapat dipercaya. Jika tidak punya referensi, Anda bisa mencoba babysitter selama 3 bulan. Jika dia bisa bekerja dengan baik selama 3 bulan tersebut, maka Anda bisa meneruskan kontraknya. ;)

Itulah beberapa tips atau cara memilih babysitter yang tepat. Terapkan semua cara tersebut dan pilihlah babysitter yang memang benar-benar memenuhi kriteria Anda.

Selamat mencoba dan semoga berhasil. :)

Comment di sini