CiriCara: Cara Mengajari Anak Menabung Sejak Kecil

by
March 20th, 2012 at 8:31 am

Buah hati merupakan suatu anugerah bagi setiap keluarga. Segala macam permintaan si buah hati pasti akan diberi sehingga tidak jarang banyak juga orang tua yang memberi uang saku berlebihan. Meskipun orang tua dapat memenuhi kebutuhannya namun tetap saja hal ini akan menjadi masalah bagi anak di masa depan. Mengajari anak cara membelanjakan uang dan menabung sejak dini sama dengan mengajari anak untuk belajar tentang perencanaan dan juga mengatur keuangan yang sangat bermanfaat bagi dia ketika dewasa nanti. Berikut cara sederhana mengajari anak menabung sejak dini:

1. Kenalkan uang dan cara berbelanja pada saat dia sudah bisa berhitung

Dengan mengenalkan uang sejak dini, anak akan dapat lebih memahami cara penggunaan uang ketika dia mulai tumbuh.

2. Jelaskan perbedaan antara keinginan dan kebutuhan

Penjelasan Anda akan keinginan dan kebutuhan memudahkan anak untuk memahami mana yang harus menjadi prioritas dia dalam berbelanja. Sewaktu dewasa nanti dia dapat menentukan manakah yang harus menjadi prioritas dalam berbelanja.

3. Uang saku yang cukup, tidak kurang atau lebih sesuaikan dengan kebutuhan anak

Memberi uang saku berlebihan dapat menjadikan anak lebih manja. Memberikan uang saku sekali untuk beberapa hari akan membuat dia menjadi anak yang bertanggung jawab dengan uang. Namun Anda juga harus disiplin, bila uang anak Anda habis, jangan memberikan uang tambahan.

4. Membiasakan memotong uang saku untuk tabungan

Berikan penjelasan kepada anak akan pentingnya tujuan dan juga cita-cita. Jika anak Anda menginginkan benda yang harganya cukup mahal, gunakan cara ini sehingga dia bisa belajar menyisihkan uang untuk membeli barang yang diinginkan.

5. Memberi teladan

Selalu ajak juga anak kamu ketika kamu pergi ke bank untuk menabung. Memberi contoh lebih baik dari pada penjelasan yang berulang – ulang. Ini juga menjadi motivasi bagi dia untuk terus menabung di masa depan.

Demikian cara mengajari anak menabung sejak dini. Jangan menunda-nunda implemntasi ini karena semakin lama Anda menundanya, semakin susah membuat anak anda terbiasa dan disiplin menabung.