CiriCara: Cara Modifikasi Baju Dewasa Jadi Baju Anak

by
March 20th, 2012 at 6:14 am

Punya baju kebesaran yang tidak pernah dipakai? Atau baju kamu sendiri tidak pernah kamu pakai namun dibuang sayang? Ini dia cara untuk membuat baju kamu lebih bermanfaat. Ubah kaus kamu menjadi baju anak-anak yang lucu. Simak baik-baik caranya:

1. Lipat kaus memanjang jadi dua. Salah satunya menghadap ke depan. Lipat juga baju balita yang ingin kamu contoh modelnya dan letakkan di atas kaus yang dilipat tadi agar kamu mendapat ukuran dan bentuk yang sama. Pastikan kerah baju balita tersebut menempel pada kerah baju kaus.

2. Potong kaus mengikuti pola baju balita dan pastikan masih ada sisa untuk menjahit sehingga baju yang dihasilkan tidak terlalu sempit. Potongan ini terdiri dari dua bagian, depan dan belakang.

3. Tempelkan satu bagian dengan yang lain, atur agar bisa membentuk baju balita. Gunakan jarum pentul atau peniti untuk menahan baju juga untuk menandai bagian yang harus dijahit. Jangan lupa menandai bagian lengannya.

4. Jahit baju mulai dari bagian bawah lubang lengan sampai ke ujung dengan teknik jelujur. Jahit kembali dari bawah ke atas agar jahitan makin kuat.

5. Jahit juga bagian bahu dengan cara yang sama agar lebih kuat.

6. Rapikan hasil jahitan dengan mesin jahit atau jahit zigzag.

7. Kalau kurang panjang, kamu bisa menyambung baju itu dengan kain kaus yang tersisa. Lipat ujung baju sepanjang seperemat inci lalu lipat lagi sepanjang seperempat inci dan tekan dengan setrika. Sematkan peniti atau jarum pentul dan jahit dengan tusuk jelujur.

8. Balik baju sehingga sisi luar tampak di depan dan hias sesuai dengan keinginan kamu dengan renda atau aplikasi lain, bisa juga dengan sisa kain kaus yang kamu pakai untuk membuat kantung lucu misalnya atau pita. Kamu juga bisa membuat mawar dari kain sisa yang ditempel ke baju anak-anak.

Mudah bukan? Yang perlu kamu miliki hanya sedikit keahlian menggunting dan menjahit. Jadilah baju baru untuk anak kamu dari kaosmu yang kebesaran.

Comment di sini