CiriCara: Cara Daur Ulang Jeans Lama Kamu Jadi Rok Denim Baru

by
March 20th, 2012 at 2:10 am

Kamu punya satu lemari penuh baju namun kamu bilang tidak ada yang bisa dipakai? Berarti kamu butuh inspirasi baru agar baju-baju lama bisa dipakai dan tetap bergaya. Hanya dengan peralatan sederhana seperti gunting, benang dan jarum, kamu sudah bisa mendesain ulang baju-baju kamu. Kali ini CiriCara akan menunjukkan cara membuat rok denim baru dari sepasang celana jeans lama. Orang bilang semakin lama dan usang jeans, semakin nyaman dipakai kan?

1. Setrika celana jeans kamu.

2. Potong celana itu agar kamu mendapat panjang rok yang diinginkan. Kamu bisa mencobanya terlebih dahulu sehingga potongan yang dihasilkan pas, tidak terlalu panjang atau pendek.

3. Balik bagian dalam jeans ke luar. Buka jahitan dari resleting sampai ke bagian belakang dan juga pada kedua kaki.

4. Tumpangkan bekas jahitan mulai dari jahitan resleting dengan rapi sehingga bekasnya tidak nampak sampai ke ujung. Gunakan peniti atau jarum pentul untuk merekatkan. Hasil akan lebih rapi jika kamu mencoba jeansnya kembali sehingga ukuran yang didapat benar-benar pas, tidak terlalu longgar atau ketat. Pada saat mencoba balik dulu rok ke posisi awal. Kamu bisa meminta bantuan dari orang lain untuk menempelkan jarum pentul atau peniti pada saat kamu mencobanya.

5. Balikkan rok ke posisi semula dan jahit kembali. Mulailah menjahit dari bagian pinggang sampai ke bawah.

6. Jahit tepian rok secara zigzag untuk merapatkan dan merapikan bagian bawah jeans. Kamu juga bisa membiarkan bagian bawah jeans tetap kasar tanpa jahitan sehingga rok jeans kamu bergaya “funky”.

Jangan lupa menyiapkan alat-alat seperti:
1. Setrika
2. Jarum jahit khusus denim
3. Jarum pentul atau peniti
4. Alat perobek jahitan/pendedel
5. Benang khusus untuk celana jeans
6. Mesin jahit (bila ada, kamu juga bisa menjahit sendiri dengan menggunakan tangan)

Mudah bukan? Kamu tidak perlu membuang jeans lama kamu dan tetap bergaya dengan baju-baju lama.


Comment di sini