Manfaat Jengkol Dibalik Baunya yang Aduhai

by
March 20th, 2012 at 7:32 am

Orang bilang jengkol sangat nikmat namun sayangnya banyak juga yang bilang tidak suka karena baunya yang tajam dan rasa yang menurut mereka sangat tidak enak. Tahukah kamu kalau di balik kenikmatan jengkol, bahan makanan ini ternyata juga menyimpan banyak manfaat bagi tubuh kita.

Bahan makanan yang satu ini mengandung asam amino yang cukup tinggi dengan kandungan sulfur yang tinggi pula. Makanan ini juga menghasilkan gas H2S, gas inilah yang menghasilkan bau yang sangat tidak sedap tapi jangan salah karena manfaat buah ini juga cukup banyak. Ini dia rahasia jengkol di balik baunya:

1. Mencegah banjir

Menanam pohon jengkol di lereng gunung dan mata air dapat mencegah banjir karena tanamannya memiliki kemampuan menyerap banyak air. Sekarang kamu bisa menanam jengkol di daerah yang rawan banjir untuk menyerap air yang berlebihan.

2. Sumber protein nabati yang baik

Jengkol memiliki kadar protein yang cukup tinggi bahkan lebih tinggi daripada tempe. Per 100 gram jengkol, kandungan proteinnya adalah 23.3 gram.

3. Dapat menenangkan otak

Karena kandungan proteinnya yang tinggi, makanan ini juga dapat membantu otak dalam bekerja dan menerima pesan sehingga mempermudah kerja dan konsentrasi.

4. Tinggi akan zat besi

Jengkol memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi yaitu 4.7 gram per 100 gram-nya. Bila Anda memiliki gejala anemia, jengkol bisa menjadi alternatif yang baik. Penderita anemia kronis akan memiliki gejala sulit menelan, pecah-pecah pada sudut mulut, dan kuku yang rapuh. Mulailah makan jengkol untuk mencegah anemia.

5. Tinggi akan kandungan kalsium dan fosfor

Kalsium sangat baik bagi pembentukan tulang dan gigi. Kandungan kalsium pada jengkol adalah 140 mg per 100 gram. Konsumsi kalsium sangat penting di masa pertumbuhan namun bukan berarti orang dewasa tidak membutuhkannya, kebutuhan kalsium orang dewasa adalah 800 mg per hari. Sedangkan kandungan fosfornya adalah 166,7 mg per 100 gram.

Itulah kandungan dan khasiat jengkol. Jika Anda sangat menyukai jengkol namun tidak ingin memakannya karena anti dengan baunya, sekarang jangan takut lagi makan jengkol. Dibalik baunya yang dahsyat, tersimpan kandungan yang bermanfaat.

Comment di sini