7 Obat-obatan ini Bisa Bikin Kamu “Ngompol”

by
March 21st, 2012 at 9:35 am

Inkontinensia atau ngompol ternyata masih bisa terjadi pada orang dewasa. Penderita inkontinensia ini didominasi oleh perempuan karena perubahan otot panggul pada saat kehamilan atau setelah melahirkan. Meskipun didominasi oleh wanita namun ada juga obat-obatan yang bisa memicu ngompol pada siapa saja. Ini dia 7 macam obat yang bisa memicu ngompol:

1. Obat untuk tekanan darah tinggi atau hipertensi

Penderita hipertensi mengkonsumsi obat alpha-blocker semisal doxazosin mesylate, terazosin hydrochloride, prazosin hidroklorida. Sifat alpha-blocker adalah mengendurkan dinding pembuluh darah sehingga urin bisa keluar tanpa sengaja. Senam kegel untuk mengontrol otot kandung kemih bisa mengurangi efek obat ini.

2. Hormon

Terapi hormon seperti oral estrogen dalam bentuk pil atau kombinasi antara estrogen dan progesteron bisa memicu ngompol dan sampai sekarang para ahli masih mencari sebab kenapa terapi hormon bisa memicu ngompol.

3. Obat mental atau antidepresan

Obat ini akan menghambat neurotransmitter dan kandungan dalam obat seperti desipramine, haloperidol, risperidone, benztropine,dan sebagainya akan mempengaruhi elastisitas kandung kemih. Urin akan terus menerus memasuki kandung kemih yang mana bisa menyebabkan ngompol atau inkontinensia.

4. Obat yang mengandung zat diuretika

Jika seseorang mengonsumsi obat dengan zat diuretika didalamnya, ginjal akan membuang kelebihan air di dalam tubuh. Karena produksi urin yang cukup banyak maka kandung kemih akan tertekan dan urin tidak dapat lagi ditahan.

5. Antihistamin atau dekongestan

Mengonsumsi antihistamin atau dekongestan dengan zat aktif diphenhydramine atau pseudoefedrin dapat memicu inkontinensia. Pseudoefedrin dapat memicu kontraksi uretra sehingga menyebabkan retensi urin dan biasanya pada wanita disertai dengan ngompol mendadak.

6. Obat penenang dan obat tidur

Obat yang bersifat sedatif ini dapat memperlambat refleks seseorang sehingga biasanya seseorang terlambat mendapat sinyal untuk ke kamar mandi. Gantilah obat tidur yang kamu konsumsi dengan obat yang lebih alami seperti makanan yang mengandung melatonin.

7. Obat untuk menghilangkan rasa sakit

Mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit dapat memicu ngompol. Bahan dasar dari obat ini adalah opium sehingga akan mempengaruhi kemampuan kandung kemih untuk berkontraksi. Efek lain dari obat ini adalah sembelit.

Itulah 7 macam obat yang dapat memicu ngompol. Pastikan kamu mendapat obat yang tepat dari dokter. Tanyakan efek samping dari obat yang diberikan. Memilih obat yang tepat dapat membantu kamu menyelesaikan masalah tanpa ngompol.

Comment di sini