CiriCara: Cara Atasi Anak Susah Makan

by
March 21st, 2012 at 5:07 pm

Punya masalah dengan si kecil yang susah makan dan hanya mau makanan tertentu? Jika iya, sebaiknya segerlah lakukan sesuatu agar anak kembali mau makan. Apalagi masa kanak-kanak adalah masa yang paling membutuhkan nutrisi. Mau tahu cara mengatasinya?

Anda tentu tidak mau si kecil menjadi anak yang kurang gizi hanya karena tidak mau makan bukan? Oleh karena itu, ciricara.com ingin berbagi tips atau cara sederhana agar anak-anak terbiasa makan makanan sehat. Simak baik-baik yah.! ;)

1. Makanan yang berwarna-warni.

Dalam sebuah penelitian, terbukti anak-anak lebih suka dengan makanan yang berwarna-warni. Meski berwarna-warni, makanan ini bukan terbuat dari bahan pewarna. Tapi terbuat dari aneka ragam sayur atau buah-buahan. Cobalah membuat jus atau makanan dari kombinasi berbagai sayuran atau buah-buahan agar terlihat menarik untuk si anak.

2. Makan bersama.

Terkadang anak-anak minta makan saat melihat ibu atau ayahnya sedang makan. Jadi jika anak Anda tidak mau makan, cobalah untuk mengajak suami Anda untuk makan bersama. Dijamin pasti si anak juga akan ikut makan mengikuti ayahnya.

3. Berilah contoh yang baik.

Cara terbaik untuk mendorong anak-anak mau makan makanan yang sehat adalah dengan memberi contoh yang baik kepada mereka. Para orangtua harus mampu mencontohkan pola makan yang sehat kepada anak-anak mereka.

4. Kamuflase.

Anda bisa menyalipkan sayuran atau makanan sehat lainnya di dalam camilannya. Jika susah Anda bisa membuat atau membeli nugget sayuran yang bentuknya mirip dengan nugget ikan atau ayam. Dijamin tipuan yang satu ini pasti akan berhasil buat anak jadi mau makan makanan yang sehat.

5. Berilah saran yang baik.

Jika anak Anda mulai susah untuk makan, maka berilah dia saran yang baik tapi tidak memaksa. Ajari anak apa bahaya jika dia tidak makan sayuran atau makanan sehat lainnya. Bila perlu, Anda takut-takuti dia agar dia mau makan. Berbohong demi kebaikan kan tidak apa-apa. :D

Itulah beberapa cara mudah atasi anak susah makan yang bisa Anda coba. Makanan adalah faktor yang sangat penting dalam proses pertumbuhan buah hati Anda. Jadi, pastikan bahwa anak Anda mendapatkan makanan dan nutrisi yang cukup agar tetap sehat dan tumbuh normal. ;)

Comment di sini