CiriCara: Cara Membuat NPWP Online

by
March 21st, 2012 at 11:53 am

Pemerintah sedang gencar-gencarnya menggalakkan pajak. Pajak juga merupakan salah satu pendapatan pemerintah terbesar dibandingkan pos pendapatan yang lain. Sebelum kamu mendaftarkan diri menjadi wajib pajak, harus kamu ketahui bahwa pajak ada bermacam-macam seperti pajak perusahaan atau badan usaha dan bendaharawan. Kali CiriCara.com akan berbagi cara mendaftar NPWP untuk jenis wajib pajak pribadi. Simak cara membuat NPWP secara online berikut ini:

1. Buka situs Direktorat Jenderal Pajak . Cara pendaftaran online bisa dilihat di bagian kanan. Temukan kategori Aplikasi Pajak kemudian klik Pendaftaran NPWP Online.  Klik langsung ereg.pajak.go.id apabila Anda kesusahan dalam menemukannya. 

2. Klik pada “Buat account baru”. Kemudian kamu harus mengisi form yang telah disediakan. Pastikan kamu mengisi form dengan benar dan masukkan kode verifikasi. Yang terakhir klik tombol “Buat”. Jika data yang kamu masukkan benar, pendfataran akun NPWP baru bisa diproses.

3.  Langkah ketiga adalah mengisi data NPWP yang ingin kamu daftarkan. Ada tiga pilihan yaitu orang pribadi, badan, dan bendaharawan.

4. Selanjutnya adalah mengisi form yang tersedia setelah kamu memilih. Pastikan semua kolom kamu isi dengan benar. Jangan biarkan ada kolom yang kosong.

5. Langkah terakhir adalah mencetak. Setelah semua proses maka akan muncul halaman untuk mencetak jadi kamu tidak usah khawatir. Ada dua dokumen yang akan dicetak yaitu formulir registrasi wajib pajak dan surat keterangan terdaftar sementara.

6. Lengkapi dokumen yang diperlukan seperti KTP dan juga surat keterangan tempat kegiatan usaha. Bawa juga dokumen yang sudah kamu print tadi ke kantor pelayanan pajak. Bisa juga dicari dari website pajak tadi.

Sekarang sudah tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk menolak membayar pajak. Mendaftarkn diri menjadi salah satu wajib pajak sudah sangat mudah ditambah lagi dengan kebijakan pemerintah memberi keringanan bagi para pemegang NPWP. Pekerja dengan NPWP hanya membayar pajak sebesar 5% sedangkan tanpa NPWP kamu harus bayar 10%.

Tunggu apalagi, jadilah warga negara yang baik dan bayar pajak kamu. Tapi tentu saja dengan catatan pajak kita tidak diselewengkan ya :)