CiriCara: Cara Mengatasi Nuked Blackberry

by
March 21st, 2012 at 4:46 pm

Pernahkah Anda mengalami masalah dimana ketika Anda sedang melakukan upgrade sistem operasi pada perangkat Blackberry kesayangan Anda, lalu terjadi kesalahan, yang akhirnya menyebabkan Blackberry tersebut mengalami yang dinamakan “nuked”, atau kondisi dimana Blackberry Anda tidak bisa digunakan, dan bukannya masuk ke tampilan menu awal, tapi malahan hanya ada tampilan layar putih polos, lalu Blackberry itu restart, dan begitu terus berulang-ulang? Jika ya, dan Anda sedang kebingungan mencari cara untuk mengatasinya, jangan khawatir. Kami punya petunjuk untuk menyembuhkan Blackberry Anda.

Pertama-tama, sebelum memulai proses “penyembuhan”, pastikan ketiga komponen berikut sudah siap:

  1. Komputer dengan sistem operasi Windows
  2. Di dalam komputer tersebut, sudah ada program Blackberry Desktop Manager terbaru.
  3. Sistem operasi Blackberry yang ingin Anda install di Blackberry Anda nantinya.

Namun, ada satu hal lain yang perlu diingat, yaitu ketika Anda memperbaiki, dalam prosesnya nanti, Blackberry Anda akan kehilangan semua program 3rd party yang ada di dalamnya. Jadi, lakukanlah proses backup sebelumnya.

Setelah itu semua siap, maka kita bisa memulai proses perbaikan Blackberry.

    1. Pastikan Blackberry Anda tidak terhubung dengan komputer Anda. Lalu, jalankan aplikasi App Loader yang ada di (secara default) C:\Program Files\Common Files\Research in Motion\AppLoader.

    1. Setelah itu, hubungkan Blackberry Anda dengan menggunakan kabel USB. Perhatian! Mungkin Anda akan lebih memilih untuk mencabut baterai Blackberry Anda terlebih dulu sebelumnya. Mengapa demikian? Karena hal ini akan memberi kita waktu lebih dalam melakukan langkah selanjutnya.

    1. Ketika Blackberry sudah tersambung, Anda harus bisa bergerak cepat, karena pada saat tersambung, jika kita terlambat sedikit saja, Blackberry tersebut akan terus-terusan melakukan restart secara otomatis, dan itu akan menyebabkan kita tidak bisa melakukan apa-apa. Karena itulah, begitu Blackberry sudah tersambung, kita harus segera menekan tombol Next begitu kolom Connection berubah dari COM1 menjadi USB-PIN:UNKNOWN.

    1. Setelah itu, Anda sudah bisa memulai melakukan instalasi sistem operasi Blackberry yang sudah Anda install sebelumnya ke dalam PC anda. Proses ini akan membutuhkan waktu kurang lebih 15-20 menit hingga selesai, atau bisa juga lebih cepat dari itu.

    1. Tahap terakhir, silahkan Anda lakukan proses restore data yang sudah Anda backup sebelumnya.

 

Jika itu semua sudah selesai, maka selamat, Blackberry Anda sudah bisa berfungsi lagi dengan baik. Selamat mencoba, dan semoga berhasil!

 

Sumber

Comment di sini