CiriCara: Cara Penanganan Pertama Saat Terjadi Serangan Jantung

by

Serangan jantung adalah salah satu faktor tingginya angka kematian di Indonesia dan dunia. Pertolongan pertama pada saat terjadinya serangan jantung dapat membantu penderita untuk melewati saat kritis. Namun sayangnya tidak banyak orang yang tahu bagaimana menangani serangan jantung dengan cara yang benar. Simak cara berikut untuk memberi pertolongan pertama pada korban serangan jantung:

1. Jangan tinggalkan orang yang baru saja terkena serangan jantung. Memasukkan apapun lewat mulut tidak diperbolehkan. Apabila si pasien merasa lebih baik, jangan lengah. Segera bawa ke rumah sakit terdekat.

2. Baringkan penderita meskipun berada dalam perjalanan menuju ke rumah sakit. Longgarkan pakaian yang dikenakan agar penderita merasa lebih baik.

3. Pastikan tidak terjadi penurunan tekanan darah yang ditandai dengan keringat dingin. Jika Anda memiliki aspirin di rumah, berikan satu tablet untuk di kunyah atau satu tablet sorbitrate di bawah lidahnya. Satu sendok gula di bawah lidahnya juga akan membantu tapi jangan memberi minuman manis.

4. Apabila penderita mengalami sesak napas, angkat sebagian badannya dan minta dia untuk batuk sesekali.  Posisi ini akan membantu pasien mengembangkan paru-parunya.

5. Klinik rawat jalan tidak cukup untuk menangani pasien serangan jantung. Pastikan pasien berada di unit gawat darurat rumah sakit sehingga mendapat penanganan dari ahli. Biasanya pasien akan diberi obat untuk menghilangkan gumpalan darah. Pasien mungkin akan langsng ditangani dengan Angiografi dan Angioplasti primer. Penanganan ini akan memberikan efek ideal pada 90 menit pertama setelah serangan jantung.

Jika kamu mempunyai riwayat keluarga dengan penyakit jantung, paham soal bagaimana cara memberikan pertolongan pertama akan sangat membantu. Pastikan kamu melakukan langkah pertolongan pertama dengan cepat. Semakin cepat pertolongan pertama diberikan, semakin baik hasilnya bagi pasien serangan jantung.


comments powered by Disqus

Leave a Reply