Lagu ‘Iwak Peyek’ Jadi Ciri Khas Trio Macan

by
March 21st, 2012 at 9:51 am

Belakangan single teranyar grup musik dangdut, Trio Macan, “Iwak Peyek” semakin nge-tren di pendengar musik dangdut Indonesia. Lagu ini terbilang unik dan dapat menggugah semangat pendengarnya. Single ini juga menjadi salah satu kebanggaan Trio Macan. Sebenarnya apa itu “Iwak Peyek?”

Grup musik yang digawangi oleh Devie Fitira, Cindy Oliviera dan Yenny Anggraeny memutuskan untuk mengarasemen ulang lagu “Iwak Peyek” khas Jawa Timur. Bahkan, single yang terbilang unik ini juga dijadikan judul album terbaru Trio Macan.

Sebenarnya dalam bahasa Jawa, Iwak Peyek artinya rempeyek atau peyek ikan. Sifat Iwak Peyek yang gurih dan lezat diharapkan dapat membawa peruntungan yang gurih pula untuk Trio Macan.

Trio Macan berharap lagu “Iwak Peyek” ini akan menjadi ciri khasnya grup musik dangdut dengan personil tiga wanita ini. Mereka berusaha sebaik mungkin untuk meramu album mereka agar terlihat unik dan menarik.

“Iwak peyek itu rempeyek yang dipecel itu, yang gurih seperti senyuman Trio Macan, aiiih.. Kalo buat kita sangat unik sekali. Dari 5 album kemarin, ini album yang paling spesial,” ungakap salah satu personil Trio Macan.

Selain itu, ciri Trio Macan yang sangat kejawa-timuran juga sangat kentara sekali dalam single ini. Dengan hadirnya single ini, mereka berharap pihak-pihak yang selama ini meniru Trio Macan akan hilang karena tidak mampu meniru single yang sangat unik ini.

“Justru inilah identitas Trio Macan yang sesungguhnya. Jawa Timur-nya. Kalo macan-macan yang lain itu buat motivasi untuk kita. Menggali sesuatu yang ada dalam diri kita. Biarkan follower-follower Macan yang lain hilang sendirinya setelah lagu Iwak Peyek ini. Iwak Peyek ini sangat Trio Macan sekali. Only Trio Macan yang nyanyiin, gak ada embel-embelnya,” lanjut personil Trio Macan.

Sejarah lagu “Iwak Peyek”

Bagi masyarakat Jawa Timur, lagu ini bukan sesuatu yang baru. Sebab seperti kata H. Agi Sugiyanto, produser dari Musicart, sekaligus pemegang hak cipta (publisser) lagu Iwak Peyek mengatakan, bahwa sejarah lagu Iwak Peyek awalnya adalah lagu penyemangat supoter.

Pencipta lagu Iwak Peyek adalah H. Impron,, lanjut Agi, lalu bekembang kepanggung-panggung musik dangdut secara liar dengan berbagai versi. Kemudian oleh Trio Macan digarap secara kreatif dengan tetap mengambil spirit lagu itu.

“Jadi kalau ditanya siapa yang mempopulerkan Iwak Peyek, ya Trio Macan. Yang sekarang berkembang dan menjadi idiom pergaulan di jejaring sosial, karena kata-katanya yang simpel, unik dan bikin penasaran,” jelas H. Agi.

Kini lagu Iwak Peyek heboh di mana-mana. Dan menjadi perbincangan hangat di jejaring sosial. Tapi menurut Agi, lagu yang dinyanyikan oleh Trio Macan, itu sejatinya adalah spirit dan penuh inspirasi.

Berikut video lagu “Iwak Peyek” Trio Macan:

Comment di sini