CiriCara: Cara Bangun Efisiensi Waktu Kerja

by
March 22nd, 2012 at 4:46 pm

Banyak orang sering bekerja lembur hanya karena pekerjaan yang tidak terselesaikan tepat waktu. Padahal jika dia bisa bekerja dan mengefisiensikan waktu dengan baik pasti dia tidak perlu lembur. Namun sayangnya, membangun efisiensi waktu kerja itu tidaklah mudah.

Bekerja dalam waktu yang sudah ditentukan tentu akan membuat hidup Anda menjadi lebih sehat. Normalnya orang bekerja selama 8 jam sehari sesuai yang ditetapkan perusahaan. Namun berhubung banyak pekerjaan yang belum terselesaikan, jam kerja menjadi 10 jam atau bahkan lebih. Ini tentunya merugikan Anda.

Jika Anda ingin merubah pola hidup seperti itu, lebih baik  belajarlah untuk mengefisiensikan waktu kerja Anda mulai dari sekarang. Berikut beberapa cara bangun efisiensi waktu kerja yang bisa Anda coba.

1. Cek e-mail lewat BlackBerry.

Lakukan tinjauan singkat kerja melalui e-mail yang masuk pada saat Anda melakukan perjalanan menuju kantor lewat BlackBerry. Orang-orang membutuhkan balasan cepat atas e-mail kerja yang mereka layangkan. Sortirlah sebelum Anda mulai bekerja sehingga Anda dapat menabung waktu setidaknya setengah jam.

2. Buat daftar kerja.

Membuat daftar kerja adalah salah satu cara agar Anda bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Daftar prioritas kerjaan akan memudahkan Anda mengerjakan dan mempersingkat waktu kerja. Dengan cara ini Anda bisa mendahulukan berbagai agenda yang Anda anggap paling penting.

3. Gunakan waktu sebaik mungkin.

Setiap kali Anda berjalan ke arah mesin fotokopi, jangan terjebak untuk mendengarkan gosip terbaru di kantor. Semakin sedikit Anda bergumul dengan hal yang tidak penting, maka semakin banyak waktu tersisa untuk memaksimalkan kerjaan Anda.

4. Hindari makan siang di luar kantor.

Makan siang di luar kantor akan membuat Anda merasa lemas akibatnya akan menghambat produktivitas kerja. Sebaiknya bawa bekal dari rumah agar bisa makan di lingkungan kantor. Dijamin waktu istirahat Anda akan tersisa banyak. Jika ingin Anda bisa gunakan waktu istirahat itu untuk bekerja.

5. Prioritaskan pekerjaan yang mudah.

Cara ini bertujuan untuk mencegah kebuntuan otak atau stuk karena stres. Lebih baik kerjakanlah pekerjaan yang mudah saat otak masih segar. Setelah semua pekerjaan mudah sudah beres, saatnya Anda gunakan waktu untuk bertempur dengan pekerjaan yang susah. Pikiran yang fokus akan lebih mudah mendapatkan ide baru.

Itulah sejumlah cara yang bisa Anda gunakan untuk mengefisiensikan waktu kerja. Dijamin, kali ini Anda tidak perlu kerja lembur lagi. :)

Comment di sini