CiriCara: Cara Mudah Tes Buta Warna

by
March 22nd, 2012 at 11:34 am

Buta warna adalah kelainan pada retina mata. Hal ini terjadi jika sel kerucut pada retina mata tidak peka terhadap cahaya yang berwarna.

Ada dua jenis buta warna, buta total dan buta warna partial. Buta warna total jika seseorang benar-benar tidak dapat membedakan warna sama sekali bisa dibilang penglihatannya hanya hitam dan putih sedangkan buta warna partial biasanya masih bisa membedakan warna tapi tidak dapat melihat warna-warna tertentu saja.

Kelainan ini biasanya turunan meskipun tidak terlalu berpengaruh namun untuk bidang pekerjaan tertentu warna berperan penting sekali. Kali ini CiriCara.com akan memberi informasi tentang uji buta warna. Ini dia caranya:

1. Tes menggunakan benang wol

Tes di rumah bisa dilakukan dengan mencampur aduk benang wol warna-warni. Kemudian coba minta orang yang sedang dites untuk mengambil warna tertentu, jika dia kelihatan kebingungan bisa jadi dia mengalami buta warna.

2. Menggunakan puzzle

Gunakan puzzle dengan gradasi warna. Jika dia berhasil menyusun puzzle dengan gradasi warna yang tepat berarti dia tidak memiliki kelainan buta warna namun jika yang terjadi sebaliknya maka dia harus segera dibawa ke dokter mata.

3. Menggunakan buku tes hara

Tes ini biasanya dilakukan oleh dokter menggunakan buku dengan banyak titik-titik berwarna. Jika kamu berhasil membaca semua tulisan dengan tepat maka kamu tidak memiliki kelainan buta warna.

Untuk percobaan, coba kamu baca tulisan yang ada pada gambar di bawah ini. Jika kamu berhasil membaca semua dengan benar, kamu dinyatakan bebas buta warna.

Comment di sini