3 Faktor Penting Penyebab Kebotakan

by
March 22nd, 2012 at 4:18 pm

Rambut adalah mahkota bukan hanya bagi kaum hawa tapi juga kaum adam. Penyebab kebotakan sangat beragam, tak jarang orang tak mampu mengenalinya sehingga mereka sudah menjadi botak sebelum usianya menua.

Sebelum terlanjur botak, lebih baik kita mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kebotakan. Inilah 3 faktor penting yang bisa membuat kamu botak:

1. Rokok

Kesehatan rambut ternyata juga dipengaruhi oleh rokok. Seperti yang telah dikutip oleh Reuters, menurut Lin-Hui Su dari Far Eastern Memorial Hospital dan Tony Hsiu-Hsi Chen of National Taiwan University di Taipei, rokok ternyata dapat mengganggu folikel rambut. Tidak hanya itu, merokok juga dapat mengganggu peredaran darah dan sirkulasi hormon ke kulit kepala. Tentu saja kamu harus tahu bahwa terdapat 4000 jenis racun yang akan kamu hisap dalam sebatang rokok.

2. Diet

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, pastikan kamu berdiet dengan tepat. Maksudnya adalah berdiet dengan gizi yang cukup dan seimbang. orang yang berdiet biasanya mengurangi porsi makan dalam jumlah yang cukup besar, sebaiknya hindari diet ekstrem. Gunakan perhitungan yang tepat agar rambut kamu tidak rontok, Ingat, rambut juga membutuhkan nutrisi yang cukup, sama seperti anggota tubuh yang lain. Pastikan kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, A, B6, B12 dan C.

3. Stres

Rambut juga dipengaruhi oleh kondisi psikologis kamu. Stres dapat memicu kerontokan rambut jika ini terus terjadi maka bisa dipastikan kamu akan botak. Menurut Daniel K. Hall-Flavin, M.D stres dan kerontokan rambut sangat erat kaitannya.

Ada tiga jenis kerontokan rambut, yang terjadi pada saat kamu sedang stres. Yang pertama adalah alopecia Areata dimana sel darah putih menyerang folikel rambut sehingga pertumbuhan rambut pun berhenti. Kemudian ada telogen effluvium yang memicu pertumbuhan rambut pada saat kulit kepala sedang istirahat. Ini tentu tidak akan efektif karena akan menjadi mudah rontok. Seperti pada saat kamu menyisir rambut, jika di sisir kamu terdapat rambut yang lumayan banyak, ini tandanya kamu sedang stres. Kemudian ada Trichotillomania yang merupakan keadaan saat kamu sangat stres sehingga menarik rambut kamu sendiri hingga rontok. Ini benar-benar kebiasaan yang buruk, jangan menarik rambut meskipun kamu sangat stress. Lampiaskan pada yang lain asal jangan rambut.

Coba hindari hal-hal yang membuat rambut kamu rontok seperti di atas. Pastikan makanan kamu mengandung gizi yang cukup. Kamu pasti tidak mau botak sebelum waktunya kan?

Comment di sini