Jual BBM Rp 4.500, Indonesia Jadi Negara Termurah Ketujuh di Dunia

by
March 22nd, 2012 at 1:48 pm

Belakangan ini masyarakat dibuat panik dengan rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) per April mendatang. Opsi tersebut dirasa ampuh untuk mencegah membengkaknya dana pengeluaran APBN. Meski terlihat memberatkan, tapi perlu diketahui saat ini harga BBM Rp 4.500/liter merupakan harga termurah ke tujuh di dunia.

Hal ini sesuai dengan yang diungkapkan oleh Vice Presiden Communication PT Pertamina (Persero), M. Harun. Menurut Harun, Indonesia merupakan salah satu Negara importer minyak yang memilih mensubsidi BBM-nya dengan harga yang sangat murah.

“Bayangkan sebagai Negara impotir minyak, harga BBM subsidi Indonesia paling murah nomor tujuh di dunia,” kata Harun, pada diskusi BBM di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Senin (19/3/2012) seperti yang dikutip dari finance.detik.com.

Harun mengungkapkan Indonesia menempati posisi ketujuh sementara Venezuela berada posisi puncak. Berikut ketujuh Negara yang diungkap oleh Harun berdasarkan harga BBM termurah di dunia:

1. Venezuela
2. Iran
3. Saudi Arabia
4. Qatar
5. Kuwait
6. Uni Emirat Arab (Abu Dhabi)
7. Indonesia

Menurut Harun, Indonesia sudah menjual BBM subsidi dengan harga yang paling murah. Apalagi jika mengingat Negara Venezuela – Uni Emirat Arab di daftar tersebut adalah Negara yang berlimpah akan penghasilan minyak buminya bahkan, di atas 10 juta barel per hari (bph).

“Tapi Indonesia, dengan Negara yang produksinya hanya 900.000 bph dan mengimpor sebagian besar minyak mentahnya malah menjual harga BBM sangat murah,” kata Harun.

Menurut Harun, Indonesia tidak kaya dengan minyak, Indonesia juga tidak kaya batubara dan tidak pula kaya akan gas, tapi Indonesia adalah Negara yang kaya akan variasi energi.

“Berkaca dengan Amerika, tidak memberikan subsidi minyak terhadap rakyatnya, tetapi Amerika sangat menjaga cadangan minyaknya bahkan memiliki cadangan yang paling besar,” tegas Harun.

Sementara itu, jika harga minyak dunia terus naik, sepanjang 2012, subsidi untuk solar dan premium akan melonjak dari Rp 123,6 triliun menjadi Rp 191,1 triliun. Itulah sebabnya pemerintah berencana untuk menaikkan harga BBM per April mendatang.

Untuk mengetahui perbandingan harga BBM Indonesia dengan Negara tetangga berikut data lengkapnya:

- Indonesia (RON 88) Rp 4.500 – disubsidi.
- Malaysia (RON 95) Rp 5.753 – disubsidi.
- Thailand (Blue Gasoline 91) Rp 12.453 – tidak disubsidi.
- Filipina (unleaded) Rp 12.147 – tidak disubsidi.
- Singapore (Grade 92) Rp 15.695 – tidak disubsidi.

Meski kata Harun Indonesia merupakan Negara ketujuh termurah dalam menjual BBM, rencana kenaikan harga BBM tetap mendapatkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Sejumlah fraksi di parlemen juga yang menolak opsi kenaikan harga BBM tersebut.