Tomcat Mulai Serang Bali, Tapi Tak Bakal ke Jakarta

by
March 22nd, 2012 at 10:03 am

Serangga Tomcat yang menghebohkan masyarakat Indonesia khususnya warga yang bertempat tinggal di kawasan Surabaya ternyata juga ditemukan di Pulau Bali.

Seorang warga Denpasar menemukan serangga Tomcat ketika sedang mandi. Ia melihat serangga itu hinggap di tembok kamar mandi di rumahnya yang terletak di Perumahan Griya Nambi Permai IV No 5 Denpasar.

Raditya, nama warga yang menemukan serangga Tomcat di Bali itu tahu bahwa serangga yang dilihatnya adalah Tomcat setelah membandingkannya dengan apa yang dilihatnya di televisi.

Tanpa ragu-ragu ia pun segera menuju ke Dinas Pertanian kota Denpasar untuk melaporkan penemuannya. IB Mayun selaku Kabid Produksi Dinas Pertanian kota Denpasar menyatakan bahwa benar serangga tersebut adalah Tomcat.

Namun jumlah Tomcat yang ditemukan di rumah Raditya yang bersebelahan dengan sawah tidak banyak sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Sementara itu, Kepala Badan Litbang Kementrian Pertanian, Haryono, seperti dikutip dari detikcom mengungkapkan Tomcat Surabaya tidak bakal menyerang kota Jakarta.

Ia mengatakan Tomcat yang konon namanya diambil dari nama pesawat tempur Amerika ini bukanlah binatang langka yang hanya bisa ditemui di beberapa daerah saja. Di Jakarta, bisa saja hewan itu ditemui di sekitar taman atau rerumputan.

Tomcat sebenarnya bukanlah binatang pengganggu manusia. Sebaliknya, Tomcat berjasa membasmi hama wereng di persawahan. Diduga habitat Tomcat terganggu karena ekspansi manusia dan factor-faktor lainnya seperti cuaca.

Menurut Menko Kesra Agung Laksono, wabah Tomcat mungkin akan mendera warga masyarakat hingga akhir bulan Maret ketika musim kemarau datang.

Comment di sini