CiriCara: Cara Manusia Burung Terbang (Video)

by
March 25th, 2012 at 12:15 pm


Tidak hanya ada JetMan atau manusia jet, ternyata di YouTube juga ada manusia burung. Dia adalah Jarno Smeets, si manusia burung yang bisa terbang menggunakan cara manual bukan dengan jet. Dia hanya mengandalkan kekuatan tangan agar sayap dipunggungnya bisa tertiup angin dan membawanya terbang. Wow!

Jarno Smeets menciptakan sebuah alat yang dapat membuat dirinya terbang di angkasa seperti burung. Mengapa seperti burung? Sebab alat ini memiliki dua sayap, kanan dan kiri laiknya burung.

Dalam video yang diunggah ke YouTube, Jarno melakukan eksperimennya dengan bantuan tiga rekannya dan satu kameramen. Alat yang berbentuk sayap ditempatkan pada punggungnya dan tangan kanan dan kirinya memegang tali untuk mengepakkan sayap atau alat tersebut.

Pada kesempatan pertama, Jarno Smeets lari dengan mengepakan sayapnya terus menerus. Dia berhasil melayang di udara hingga 30 detik namun kembali turun. Dan dalam upayanya yang terakhir Jarno mampu terbang diangkasa hingga 100 meter. Luar biasa.!

Jarno Smeets yang merupakan insinyur, membutuhkan waktu delapan bulan untuk membuat alat terbang ini. Dia menamai proyeknya tersebut dengan sebutan Human Birdwings Project.

Berdasarkan laporan dari Gizmodo, alat terbang ini tidak hanya bekerja melalui kekuatan kepakan sayap yang digenjot oleh tangan Jarno Smeets. Namun terdapat sebuah alat motor controller yang didesain Jarno Smeets yang juga dijumpai di controller Wii Nintendo serta smartphone Android.

Di blog pribadinya, Jarno Smeets mengaku jika ide  Human Birdwings Project ini terinspirasi dari sketsa sepeda terbang kakeknya yang ia temukan di loteng.

Penasaran dengan aksi Jarno Smeets si manusia burung yang terbang di angkasa? Silahkan lihat cuplikannya berikut ini:

Comment di sini