CiriCara: Cara Membuat Kerupuk Susu

by
March 25th, 2012 at 9:28 am

Kerupuk memang salah satu makanan favorit orang Indonesia. Budaya memakan kerupuk ini tidak ada di negara lain selain di Indonesia. Oleh karena itu, makanan ini pun menjadi salah satu produk andalan di masyarakat.

Camilan yang satu ini memang sangat digemari, bahkan pada saat waktu kumpul keluarga atau hanya sekadar menonton TV, orang biasanya duduk ditemani camilan yang murah meriah ini. Bermacam-macam produk olahan menjadi kerupuk pun menjadi incaran warga apalagi dengan harga yang terjangkau. Satu inovasi baru muncul untuk bidang kuliner kerupuk. Kerupuk baru ini dinamakan kerupuk susu.

Mau tahu cara pembuatannya, simak baik-baik berikut ini:

Bahan-bahan:

1. Susu pecah (kamu bisa membuat sendiri dengan cara memanaskannya dengan begitu susu akan menggumpal) 300 ml

2. Tepung tapioka 360gr

3. Tepung terigu 90gr

4. Bawang putih secukupnya

5. Merica secukupnya

6. Penyedap rasa secukupnya

7. Baking powder 2 gr

8. Garam secukupnya

Cara membuat:

Panaskan susu sampai menggumpal. Diamkan susu jika masih panas. Jika sudah dingin campurkan semua bahan ke dalam wadah. Aduk adonan sampai kalis kemudian siapkan wadah untuk mengukus. Kukus adonan sampai matang kira-kira 1 jam kemudian angkat. Diamkan sebentar sampai uapnya hilang dan potong-potong tipis. Langkah terakhir adalah menjemur sampai kering. Setelah kering, kerupuk bisa digoreng dengan menggunakan minyak panas.

Itulah cara membuat kerupuk susu. Cara pembuatannya sangat mudah ditambah lagi bahan-bahan yang juga sangat mudah untuk didapat, kerupuk ini bisa menjadi alternatif pilihan  jika kamu sudah bosan dengan kerupuk-kerupuk biasa.

Atau kamu mau berwiraswasta dengan berjualan kerupuk susu ini? Jika kamu ingin berwiraswasta di bidang kuliner namun masih bingung, coba saja gunakan kerupuk susu sebagai produk andalan kamu. Bagaimana? Berniat mencoba di rumah?