Awas Bahaya Tersembunyi di Balik Lezatnya Roti Tawar

by
March 26th, 2012 at 9:33 am

Roti tawar memang nikmat dihidangkan sebagai sarapan atau untuk mengganjal perut yang keroncongan, apalagi bila ditambah selai atau meses di atasnya. Namun, tahukah kamu kalau roti tawar menyimpan bahaya yang tersembunyi di balik kenikmatannya?

Penelitian terbaru dari Universitas California Sandiego menemukan bahwa makan kentang dan roti tawar dapat meningkatkan resiko tumbuhnya kanker payudara bagi perempuan.

Riset tersebut menemukan bahwa orang yang berdiet kaya pati (amilum) memiliki resiko terkena kanker payudara lebih tinggi daripada mereka yang jarang mengkonsumsi pati. Para peneliti riset ini juga mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi karbohidrat olahan dapat meningkatkan tingkat insulin dalam darah dan juga merangsang pertumbuhan sel kanker.

Di dalam riset, para peneliti asal Amerika Serikat tersebut mempelajari pola makan 2600-an penderita kanker payudara selama satu tahun. Hasil yang mereka peroleh adalah resiko orang yang mengkonsumsi pati olahan mencapai 14,2 persen sedangkan mereka yang jarang mengkonsumsi pati hanya 9,7 persen.

Jennifer Emond, salah satu peneliti, berkata bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa karbohidrat terutama pati dapat menigkatkan resiko terkena kanker payudara.

Peneliti mempelajari pola makan perempuan dalam kurun waktu 2 tahun. Karbohidrat yang diserap oleh para perempuan mulanya adalah 233 gram per hari. Mereka yang menambah pati sejumlah 2,3 gram per hari penyakitnya kambuh di tahun kedua sedangkan mereka yang mengurangi pati sebanyak 2,7 gram per hari mengalami kondisi sebaliknya.

Kanker yang paling umum di Inggris adalah kanker payudara. Setiap tahunnya ada 46.000 perempuan yang didiagnosa dengan kanker ini. Roti atau bahan makanan lain yang mengandung karbohidrat olahan dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara lebih tinggi daripada biji-bijian seperti beras.

Baroness Delyth Morgan, CEO kampanye kanker payudara mengatakan bahwa studi ini menunjukkan bahwa mengurangi konsumsi pati mungkin dapat membantu mengurangi resiko kanker payudara. Sayangnya, penelitian ini belum dapat memberikan rekomendasi pola makan yang baik.

Comment di sini