CiriCara: Cara Membuat Apem Singkong

by
March 26th, 2012 at 4:24 pm

Pernahkah kamu mendengar kue apem? Kue apem biasanya terbuat dari tepung beras dan juga tapai namun rasanya sama sekali tidak asam. Kue ini sering dibuat untuk berbagai acara tradisional. Kamu bisa saja mencoba membuat makanan ini di rumah dengan mudah. 

Kue apem yang akan dibuat disini terbuat dari bahan yang murah dan mudah didapat. Kamu bisa datang ke toko bahan kue dan mendapatkan bahannya dengan mudah. Kue ini juga rendah lemak karena menggunakan singkong bukan tepung dan gula yang digunakan pun dapat dikurangi.  Mau coba bikin kreasi baru dengan kue apem? Coba resep berikut cara membuat kue apem singkong:

Bahan:

Singkong 1 kg parut

gula pasir 100 gram

tapai singkong 250 gram

santan 150 ml

 

Bahan taburan:

1/2 sendok teh garam

250 gram kelapa muda

 

Cara membuat:

1. Campur singkong parut dengan tapai, aduk sampai benar-benar tercampur rata.

2. Masukkan garam, gula dan santan. Aduk sampai rata.

3. Siapkan loyang. Masukkan adonan ke dalam loyang dan kukus selama kurang lebih 30 menit sampai matang.

4. Potong-potong kue apem dan jangan lupa taburan garam dan juga kelapa muda.

 

Bagaimana? Mudah bukan membuatnya. Jika kamu bosan dengan tampilan dan rasa kue apem yang sama, kamu bisa memodifikasi kue apem dengan bermacam-macam bahan seperti singkong.

Kamu juga bisa menambahkan keju jika ingin rasanya lebih unik. Kalau kamu ingin anak-anak lebih suka dengan rasa jajanan tradisional ini, coba campurkan cokelat ke dalam adonan. Dengan begitu semua keluarga bisa menikmati jajanan ini.

Comment di sini