CiriCara: Cara Paling Efektif Menghindari Serangan Tomcat

by
March 26th, 2012 at 9:17 am

Serangan wabah Tomcat belum berakhir, bahkan daerah yang terjangkiti serangga beracun ini terus bertambah hingga sekarang.

Seluruh provinsi yang ada di Pulau Jawa terkena wabah Tomcat yang muncul akibat perubahan cuaca dan semakin tergerusnya habitat asli mereka.

Kementrian Pertanian dan Kementrian Kesehatan bekerja sama untuk mengatasi masalah ini. Kementrian Koordinator bidang Kesejahteraaan Masyarakat juga telah turun tangan untuk mencegah wabah semakin meluas.

Tomcat bukanlah merupakan serangga langka yang tinggal di daerah tertentu. Hampir setiap daerah di Indonesia, khususnya Pulau Jawa, serangga Tomcat gampang ditemui terutama di area sekitar persawahan, semak-semak, dan taman yang ditumbuhi banyak pepohonan.

Untuk itu, masyarakat perlu waspada sebab tidak mustahil mereka akan menemukan mereka hinggap di pekarangan rumah. Agar terhindar dari serangan racun Tomcat, kita perlu memperhatikan hal-hal seperti berikut:

1. Kebersihan rumah

Tomcat menjadikan tanaman dan semak-semak sebagai tempat paling favorit bagi mereka untuk tinggal dan berkembang biak. Apabila ada tanaman yang tidak terawat, segera buang dan jika semak belukar tumbuh di pekarangan segera bersihkan.

2. Lantai keramik

Rumah yang memiliki lantai keramik harus waspada karena biasanya sela-sela lantai bisa dijadikan sebagai tempat tinggal serangga Tomcat. Keramik bersifat lembab sehingga Tomcat menyukai kondisi tersebut.

3. Jemuran pakaian

Apabila Anda sering menjemur pakaian di malam hari, ini saatnya Anda harus berpikir ulang, apalagi apabila rumah Anda letaknya berdekatan dengan persawahan. Serangga Tomcat sangat mungkin hinggap di jemuran Anda yang masih lembab dan meninggalkan racun di sana sehingga ketika Anda mengenakannya, tak pelak gejala terkena racun Tomcat seperti gata-gatal pun akan muncul.

4. Lampu rumah

Serangga Tomcat sangat menyukai cahaya lampu. Oleh karena itu, waspadalah apabila Anda menjumpai serangga-serangga kecil di sekitar lampu di rumah. Apabila tidak terlalu perlu, lampu bisa dimatikan. Jangan beraktivitas di bawah lampu untuk menghindari sentuhan langsung dengan Tomcat.

5. Kelambu tidur

Saat paling lengah setiap orang adalah ketika mereka tidur. Untuk mencegah Tomcat menyerang Anda sewaktu tidur, pasanglah kelambu di tempat tidur. Semprotkan cairan antiserangga sebelum tidur di malam hari.

Demikianlah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah meluasnya wabah Tomcat. Apabila Anda terlajur terkena racun Tomcat, silakan cek artikel CiriCara: Ciri Terkena Gigitan Tomcat dan Cara Mengatasinya.

Comment di sini