“Kapal Hantu” Korban Tsunami Jepang Ditemukan Berlayar Menuju Amerika

by
March 26th, 2012 at 11:12 am

Bencana gempa dan tsunami yang terjadi tahun lalu di Jepang masih menyisakan misteri. Sejumlah korban hilang tak dapat ditemukan setelah tersapu gelombang dahsyat tsunami dan korban jiwa yang sudah tak mampu dikenali lagi wajahnya pun hampir tak terbilang jumlahnya.

Di wilayah perairan Amerika Utara, baru-baru ini ditemukan sebuah kapal yang sebelumnya dikabarkan hilang di tengah lautan ketika terjadi tsunami Jepang.

Pemerintah Kanada mengumumkan penemuan yang didapatkan oleh pesawat mata-matanya di teritori laut negara tersebut pada 23 Maret 2012. Kapal yang tak berawak seperti dalam kisah film Ghost Ship tersebut kini diberitakan tengah menuju daratan Amerika Serikat.

“Kapal Hantu” ini ditemukan mengapung di wilayah perairan dekat Kepulauan Haida Gwaii. Sebuah bendera Jepang tertancap di kapal tersebut. Tak ada satupun manusia yang bisa diajak berkomunikasi dari dalam kapal itu.

Kapal yang diketahui berasal dari Hokkaido, Jepang, itu adalah kapal pengangkut yang juga digunakan untuk menangkap ikan dan cumi-cumi. Pemerintah Amerika Serikat dan Kanada telah mengeluarkan peringatan agar berhati-hati ketika tengah melaut karena kapal tak berawak itu bisa mengganggu sistem navigasi.

Pihak Penjaga Pantai Jepang telah mengkonfirmasi kebenaran soal penemuan “Kapal Hantu” ini. Mereka mengatakan kapal itu berada di Hachinohe, Prefektur Aomori, ketika gempa berkekuatan 9,0 skala Richter yang diiukuti oleh tsunami maha dashyat menghantam Jepang.

Korban jiwa akibat bencana alam tersebut tercatat lebih dari 15.839 orang, sedangkan jumlah korban yang belum ditemukan adalah 3,642 jiwa.

Saat ini pihak pemerintah Kanada tengah mencari tahu apakah “Kapal Hantu” ini berpotensi menyebabkan polusi laut atau tidak.

Comment di sini