Titik-titik Rawan Macet Akibat Demonstrasi BBM di Jakarta Selasa Besok

by
March 26th, 2012 at 4:46 pm

Aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM yang rencananya akan dilakukan besok (27/3) oleh sejumlah elemen masyarakat tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Demonstrasi ini diperkirakan akan melibatkan ribuan bahkan puluhan ribu orang yang bakal turun ke jalan secara bersama-sama.

Oleh karena itu, sejumlah titik yang menjadi pusat aksi sangat mungkin akan ditutup karena jalan tak bisa dilalui.

Menurut Polda Metro Jaya, sejumlah titik di wilayah Jakarta yang akan “dikuasai” oleh para pendemo antara lain:

1. Istana Negara

Di Istana Negara, Konferensi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan berdemonstrasi dengan jumlah peserta sekitar 3000 orang. Selain itu, Komunikasi mahasiswa Indonesia Timur (Komit) juga akan mengirimkan sekitar 300-an wakilnya ke sini. Kira-kira 300 pendemo dari Konsolidasi Nasional Mahasiswa Indonesia (Konami) juga akan melakukan aksi di sini.

2. Jalan Diponegoro

Di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, sekitar 1000 anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan bergerak menolak kenaikan harga BBM.

3. Depan Gedung DPR

Di depan gedung wakil rakyat, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) akan berunjuk rasa.

4. Bundaran HI

Selain di depan gedung DPR, KSPSI juga akan melakukan aksi di sekitar Bundaran HI dengan jumlah peserta diperkirakan sebanyak 3000 orang.

5. Kementrian BUMN

Di depan Kementrian BUMN, diperkirakan sekitar 100-an massa akan menggelar aksinya.

Selain kelima titik tersebut, lokasi rawan macet yang menjadi pusat demonstrasi di Jakarta esok hari adalah di DPRD DKI Jakarta, Balaikota, dan KPUD. Namun demo ini terkait dengan masalah Pemilukada.

Sebanyak 22.000 pasukan pengaman yang terdiri dari Polri dan TNI akan mengamankan aksi demonstrasi esok hari. Selain di tempat-tempat itu, anggota Polri dan TNI juga akan disiagakan di titik-titik penting seperti bandara, pelabuhan, dan jalan tol.

Comment di sini