CiriCara: Cara Cegah Terjatuh di Rumah

by
March 27th, 2012 at 4:41 pm

Terjatuh memang terlihat sepele, namun terjatuh di rumah bisa menjadi penyebab kecelakaan dan kematian. Karenanya, menjaga keamanan saat di rumah adalah hal yang sangat penting. Apalagi kebanyakan korban terjatuh adalah anak-anak usia balita dan orang tua.

Penyebab paling umum biasanya adalah kondisi rumah yang membahayakan dan juga kecerobohan korban sendiri. Namun semua faktor tersebut bisa dicegah dengan melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Buat zona anti-licin di kamar mandi.

Banyak orang yang terjatuh saat di rumah karena lantai yang licin. Bahayanya bisa mengakibatkan korban mengalami gegar otak dan patah tulang karena terjatuh sangat keras. Agar hal ini tidak terjadi, cegahlah dengan cara berikut ini:
- Pilih ubin dengan permukaan kasar khusus untuk kamar mandi.
- Tempeli dengan lapisan non-slip di bath tub, shower atau tempat mandi.
- Lengkapi dengan pegangan tangan anti licin jika ada manula atau orang berkebutuhan khusus di rumah Anda.
- Kondisikan kamar mandi dalam keadaan kering dengan sirkulasi udara yang baik dan selalu dibersihkan secara berkala.

2. Pengaman di daerah tangga.

Selain bisa membantu Anda, tangga juga bisa sangat berbahaya apalagi untuk ibu hamil. Jika terpeleset atau instrumen tangga patah maka bisa mengakibatkan hal yang fatal pada korbannya. Untuk mencegahnya ikuti cara berikut ini:
- Tangga harus memiliki pengangan tangan dan pagar yang bisa menahan agar tidak terjatuh ke bawah.
- Jangan meletakkan barang-barang di tangga, sekalipun itu adalah dekorasi.
- Beri penerangan yang jelas di tangga, gunakan lampu yang terang.
- Jika dilapisi karpet, pastikan karpetnya melekat kuat di lantai dan tidak menyebabkan tersandung.
- Beri garis pemisah anak tangga yang mencolok. Gunakan isolasi warna terang untuk menandai anak tangga, karena orang lanjut usia sering tidak bisa melihat batas anak tangga dengan jelas.

3. Pengamanan di balkon dan jendela berpagar.

Agar tetap aman, sebaiknya pastikan bahwa balkon Anda dilengkapi dengan pagar. Jendela Anda juga harus dilengkapi penutup yang aman. Jika Anda menggunakan balkon untuk menjemur pakaian dan juga tempat berbagai tanaman yang harus disiram, gunakan ubin dengan permukaan kasar atau lengkapi dengan lapisan non-slip agar tidak licin saat terkena air.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar bisa menciptakan rumah yang aman. Dengan begitu Anda dan keluarga akan merasa aman dan nyaman selama berada di rumah dalam kondisi apapun. ;)

Comment di sini