CiriCara: Cara Mencegah Penularan Flu Singapura

by

Flu Singapura pada 1997 pernah mengakibatkan 31 anak meninggal dunia di Serawak, Malaysia. Flu yang bernama internasional Hands, Foot and Mouth Disease ini juga pernah merebak di Taiwan. Ketika itu, pada 1998 78 orang meninggal dunia dan lebih dari 1,5 juta orang tertular virus ini.

Di Indonesia, Jakarta pernah disambangi oleh virus ini pada 2009 namun tidak ada korban yang dilaporkan meninggal dunia. Virus EV71 yang menyebabkan penyakit flu ini dibawa oleh warga Indonesia yang datang dari Singapura dan warga Singapura yang berkunjung ke Jakarta. Oleh karena itu, di Indonesia penyakit ini dinamai Flu Singapura.

Virus Flu Singapura mudah menular. Lewat kontak langsung, virus ini bisa menular lewat air liur, bersin, tinja, dan cairan dari dalam tubuh manusia. Lewat kontak tak langsung, virus menjalar lewat benda-benda yang telah terkontaminasi virus yang mematikan ini.

Lalu bagaimana cara mencegah penularan Flu Singapura ini?

Cara yang paling efektif agar tidak tertular virus Flu Singapura adalah dengan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

1. Cuci tangan setiap hari

Cuci tangan wajib dilakukan terutama sebelum makan, setelah menggunakan toilet, dan setelah mengganti popok. Kita juga wajib mencuci tangan setelah membersihkan hidung dengan menggunakan jari.

2. Memotong kuku

Apabila telah panjang, kuku di tangan dan kaki harus dipotong. Kuku adalah sarang favorit virus Flu Singapura.

3. Tutup hidung dan mulut ketika bersin

Virus ini menular lewat cairan yang keluar dari hidung dan mulut ketika bersin. Oleh karena itu, gunakan tisu atau tangan untuk menutupnya saat bersin. Setelah itu langsung cuci tangan dengan menggunakan sabun. Kalau kamu telah terlanjur tertular, gunakan masker flu agar orang lain tak ikut tertular.

4. Jangan gunakan alat makan secara bersama

Ketika salah satu saudara kamu terkena penyakit Flu Singapura, jangan menggunakan peralatan makan yang sama dengannya. Benda yang telah terkontaminasi virus ini berpotensi menjadi penyebar penyakit Flu Singapura ini.

5. Rajin berolahraga

Berolahraga bisa membuat kondisi badan tetap prima sehingga daya tahan tubuh lebih terjaga. Virus ini bisa mental apabila orang memiliki kekebalan yang cukup baik.

Itulah lima cara untuk mencegah penularan virus Flu Singapura. Waspadalah!


comments powered by Disqus

Leave a Reply