CiriCara: Cara Orang China Membersihkan Jalan Raya (Video)

by
March 27th, 2012 at 10:17 am

Negara tirai bambu China ternyata mempunyai cara unik untuk membersihkan jalan raya. Jika di Indonesia petugas kebersihannya menggunakan tangan dan sapu lidi, di China pembersihan jalan raya dilakukan menggunakan kendaraan yang memiliki baling-baling sapu ijuk. Bagaimana caranya yah?

Sapu terbang yang sering muncul di film Harry Potter ternyata bisa digunakan untuk membersihkan jalan. Petugas kebersihan di China berhasil memodifikasi kendaraannya menjadi mesin pembersih jalan raya yang unik. Ia menggunakan 16 sapu ijuk yang diikatkan pada sebuah benda mirip roda diletakkan di belakang mobil pick up-nya.

Jika mobil dijalankan, maka benda mirip roda tersebut dapat berputar searah jarum jam seperti baling-baling. Putaran tersebut digunakan untuk menggerakan ke-16 sapu ijuk tersebut untuk saling bergesekan dengan aspal dan membuang debu atau sampah lainnya dari jalan raya.

Sistem kerja dari mesin pembersih itu sangat sederhana, hanya dengan memanfaatkan putaran roda kendaraan alat ini sudah bisa bekerja. Peralatannya juga sangat mudah dicari, serta pengoperasian alat tersebut dapat dilakukan tanpa memerlukan keahlian khusus.

Alat tersebut biasanya digunakan untuk menyapu pinggir jalanan kota-kota China serta trotoar di pagi hari sebelum aktivitas dimulai. Luar biasanya, alat sederhana ini sudah digunakan selama beberapa dekade di China. Alat ini tetap dipertahankan karena memiliki keuntungan hemat biaya.

Meskipun demikian, alat ini sebenarnya bisa memicu bahaya bagi pengguna jalan sekitar. Perputaran rodanya yang cukup kencang dapat melukai pengguna jalan yang ada di sebelah atau di samping alat tersebut.

Masih penasaran dengan cara kerja alat pembersih jalan yang unik ini? Langsung saja yuk lihat videonya berikut ini:

Comment di sini