Demo BBM Besar-besaran, Jakarta Seperti Mau Perang

by
March 27th, 2012 at 11:22 am

Ribuan anggota TNI yang sejak Selasa pagi ini bersliweran di jalanan ibukota dalam rangka mengamankan aksi demonstrasi besar-besaran menolak kenaikan harga BBM menimbulkan kesan bahwa bakal terjadi perang di Jakarta.

Sejumlah warga yang menyaksikan anggota TNI berseragam dan bersenjata lengkap dengan kendaraan tempur melaju di jalan-jalan protokol terkaget-kaget menyaksikan pemandangan ini.

Seperti dikutip dari Tribunnews pada Selasa (27/3), seorang warga yang tinggal di Pondok Pinang yang baru saja tiba dari Makassar terkejut melihat banyaknya tentara yang lewat dalam perjalanannya dari bandara Sukarno-Hatta hingga Slipi.

Kombes Rikwanto selaku Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya mengungkapkan akan ada kurang lebih 30.712 aparat yang terdiri dari 22.458 anggota Polri dan 8.254 anggota TNI yang berjaga-jaga di sejumlah titik demonstrasi di Jakarta pada hari ini.

Diperkirakan sekitar 8.000-10.000 demonstran akan turun ke jalan bersama-sama guna menentang aksi pemerintah yang tidak populer di kalangan masyarakat ini.

Agus Prasetyo yang menjadi ketua aksi dari Komite Pimpinan Pusat Federasi Pekerja BUMN Bersatu mengatakan bakal ada paling tidak 4 pusat demonstrasi di Jakarta, yaitu Pelabuhan Tanjung Priok, Depo Pertamina Plumpang, Bandara Sukarno-Hatta, dan jalan-jalan tol.

Ia juga menghimbau kawan-kawan peserta demonstasi yang terdiri dari kaum buruh untuk tidak takut pada penjagaan aparat dan tidak terpancing provokator yang bisa menimbulkan kisruh di tubuh kesatuan buruh sendiri.

Aparat yang berjaga-jaga dikabarkan dipersenjatai dengan peluru karet untuk mengantisipasi tindakan rusuh oleh para demonstran. Aparat di Medan diperbolehkan menembak pendemo pada bagian pinggang ke bawah dengan menggunakan peluru karet dan kosong sepanjang pendemo dianggap melakukan aksi yang rusuh.

Comment di sini