Harga BBM Naik, Tarif Angkot Ikut Naik

by
March 27th, 2012 at 2:33 pm

Kabar buruk buat para pengguna angkutan umum. Organisasi Angkutan Darat (Organda) lewat Ketua Umum-nya Eka Sari Lorena mengumumkan rencana kenaikan tarif angkutan darat jika harga BBM naik per 1 April mendatang.

Seperti dikutip dari detikcom, pada Selasa (27/3) Eka mengungkapkan tarif angkutan akan naik sebesar 35% mengikuti harga BBM yang naik di hari yang sama.

Ia menjelaskan tarif angkutan perlu ikut naik guna menghindari kebangrkutan yang bisa dialami oleh para pengusaha angkutan akibat harga bahan bakar yang juga naik.

Tidak hanya angkutan umum, Eka juga berharap pemerintah menaikkan tarif jasa pengangkutan barang lewat jalur darat sebesar 35%. Apabila harga tetap seperti sekarang, ia khawatir kualitas pelayanan akan turun karena para pengusaha mungkin hanya akan mengutamakan setoran saja agar biaya operasional bisa tertutupi.

Eka sadar naiknya tarif angkutan akan membuat beban masyarakat semakin berat. Namun ia tak memiliki pilihan lain apabila pemerintah bersikukuh untuk tetap menaikkan harga BBM. Terlebih lagi, sebagian besar pengguna angkutan umum adalah masyarakat menengah ke bawah.

Subsudi sebesar Rp 4,8 triliun yang disediakan pemerintah ia anggap hanya bisa membantu dalam jangka pendek saja. Ia mengungkapkan dana ini bisa menjadi solusi bagi pengusaha angkutan untuk mengamankan usahanya di awal-awal kenaikan harga BBM, namun apabila sudah berjalan beban ongkos mereka tak akan bisa ditanggulangi lagi kecuali mereka menaikkan tarif jasa angkutan.

Comment di sini