Kenali Gejala Virus Flu Singapura

by
March 27th, 2012 at 10:16 am

Akhir-akhir ini, cuaca di sejumlah wilayah Indonesia ketika siang hari sangat panas menyengat. Pihak BMKG memperkirakan panas terik ini akan berlangsung hingga tanggal 27 Maret 2012, tepat ketika demo besar-besaran menentang kenaikan harga BBM dimulai.

Bulan Maret adalah jadwal musim kemarau untuk menyapa mereka yang tinggal di wilayah beriklim tropis. Panas terik di akhir bulan ini diperkirakan merupakan pertanda awal bahwa musim penghujan akan segera beranjak pergi dan musim kemarau bakal segera tiba.

Peralihan musim seperti ini biasanya juga ditandai dengan kemunculan penyakit musiman seperti flu dan pilek. Serangga Tomcat yang tiba-tiba mewabah di sejumlah daerah juga diduga diakibatkan oleh proses pergantian musim selain karena penggerusan habitat asli mereka di persawahan oleh manusia.

Pada akhir bulan Februari dan awal Maret yang lalu, sejumlah anak di Depok dikabarkan menderita penyakit Flu Singapura. Virus Flu Singapura biasanya menyebar saat musim kemarau tiba. Meskipun tidak begitu parah, namun kita wajib waspada pada penyebaran virus Flu Singapura ini.

Untuk mencegah mewabahnya virus ini, kita terlebih dahulu harus mengenali gejalanya. Virus Flu Singapura menular lewat sentuhan langsung maupun tidak langsung pada orang dan barang yang telah terkontaminasi virus tersebut. Flu Singapura yang juga dikenal dengan nama Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) ini disebabkan oleh virus RNA. Penyakit ini mudah menular di kalangan anak-anak yang berusia sekitar 2 minggu hingga 10 tahun.

Apa saja gejala terkena penyakit virus Flu Singapura?

1. Demam tidak tinggi 2-3 hari
2. Sakit leher (pharingitis)
3. Nafsu makan hilang
4. Pilek berkepanjangan
5. Ruam (kulit melepuh merah) di sekitar tangan, kaki, dan mulut

Apabila sudah terlalu parah, penderita Flu Singapura akan mengalami:

1. Muntah dan diare yang menyebabkan dehidrasi
2. Demam tinggi lebih dari 38 derajat Celsius selama lebih dari 2 hari
3. Sariawan, sesak napas, dan kejang-kejang

Ketika penderita sudah mengalami gejala Flu Singapura yang parah, sebaiknya ia harus segera dirawat secara intensif karena virus ini bisa menyebabkan kematian. Kenali gejala Flu Singapura sebelum terlambat.