CiriCara: Cara Mengetahui Keaslian Nomor BPOM Pada Kemasan

by
March 28th, 2012 at 3:54 pm

Sekarang pemalsuan nomor registrasi Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) sudah semakin marak. Jadi, meski sudah ada nomor registrasi BPOM di kemasan produknya, belum tentu produk tersebut aman. Lebih baik cek kembali nomor BPOM pada produk yang Anda beli jika mencurigakan.

Membedakan nomor registrasi yang asli dan palsu memang agak sulit jika hanya dilihat dengan mata. Tapi tenang, Anda bisa mengecek keaslian kode registrasi BPOM pada kemasan produk yang dibeli melalui internet. Belum tahu cara mengeceknya? Langsung saja yuk simak baik-baik cara mengecek keaslian nomor BPOM pada suatu produk berikut ini:

1. Masuk ke situs resmi BPOM.

Langkah yang pertama adalah Anda perlu masuk ke situs resmi BPOM yakni dengan mengklik www.pom.go.id atau mencarinya di mesin pencari Google.

2. Klik Tombol “Produk Teregistrasi”

Langkah selanjutnya cari tombol yang bertuliskan “Produk Teregistrasi” dan mengkliknya satu kali. Untuk lebih jelasnya, lihat pada gambar berikut (tombol tersebut ada di dalam kotak warna merah).

3. Pilih daftar produk.

Setelah langkah yang kedua, Anda akan dialihkan ke halaman “Daftar Produk Yang Mendapat Persetujuan Ijin Edar’ dari 7 hari terakhir sampai 5 tahun terakhir. Jika produk yang Anda beli adalah produk yang baru dipasarkan satu bulan, Anda bisa mengklik “30 Hari Terakhir” begitu pula dengan yang lainnya.

Lihat gambar:

4. Pilih “Cari Makanan Dan Minuman”.

Setelah mengklik sesuai dengan langkah nomor tiga, maka Anda akan dialihkan ke halaman “Daftar Makanan Dan Minuman Yang Mendapat Persetujuan Izin Edar Untuk Periode 30 Hari Terakhir,” sesuai dengan tombol yang diklik sebelumnya. Sekarang cari tulisan “Cari Makanan dan Minuman” (pojok kanan atas) yang berfungsi untuk mencari dengan menggunakan nama atau dengan nomor registrasi. Jika sudah ketemu klik tulisan tersebut seperti pada gambar berikut:

5. Masukkan nomor BPOM pada kolom yang kosong di paling atas.

Masukkan nomor BPOM yang tertera pada kemasan produk yang Anda beli pada kolom tersebut, kemudian klik “Cari”. Jangan memakai tanda baca seperti titik (.), koma (,), titik dua (:) atau tanda baca lainnya. Misal BPOM TR 3332277865.

Lihat gambar: (Kolom yang diisi sudah dikotaki dengan warna merah)

Jika nomor tersebut terdaftar di BPOM, maka akan keluar hasil pencarian sesuai dengan nama produk yang Anda beli. Tapi, jika tidak keluar itu artinya nomor BPOM itu palsu.

Penasaran dengan kode di depan nomor BPOM? Berikut arti dari kode tersebut seperti yang dikutip dari berbagaihal.com:

TR= Obat tradisional produksi dalam negeri
TI= Obat trasional impor
SD= Suplemen produksi dalam negeri
SI= Suplemen Impor
MD= Makanan produksi dalam negeri
ML= Makanan impor
CD= Kosmetik dalam negeri
CL= Kosmetik impor
CA= Kosmetik dengan tanda notifikasi

Jika Anda sudah tahu cara mengeceknya tentu Anda tidak akan tertipu lagi. Selamat mencoba.! ;)

Comment di sini